PT Equityworld | 7 Cara Ini Bikin Kamu Sukses Sebelum Usia 35 Tahun

PT Equityworld 13

PT Equityworld | Sebagai millennial, kita tentu punya mimpi agar bisa cepat sukses secara finansial di usia muda. Mungkin, rasanya mapan di usia muda terdengar seperti khayalan saja. Eits, bukan berarti hal itu mustahil, lho. Dikutip dari idntimes beberapa tips yang bisa membuat kamu mapan sebelum menginjak usia 35 tahun:

1. Punya goals beserta rencana untuk meraihnya

Gak bisa dipungkiri, orang yang sukses memiliki tujuan yang jelas dalam hidupnya. Ya, orang-orang sukses adalah orang yang goal-oriented. Mereka senantiasa memiliki goal setiap saat, bahkan hingga hal terkecil seperti to-do-list.

Untuk membiasakan dirimu dengan goal, coba rencanakan apa yang harus kamu kerjakan esok hari di malam sebelumnya. Lalu, buat juga daftar apa yang harus kamu raih dalam satu minggu, satu bulan, hingga satu tahun. Pikirkan juga bagaimana cara kamu meraihnya.

2. Cari mentor orang sukses

Mentor bisa menjadi guru kamu di dunia profesional, lho. Banyak orang yang memiliki mentor telah berkontribusi menyumbangkan ilmunya hingga membuat orang tersebut sukses. Mereka bisa ‘membimbing’ kamu dan memberikan kamu pengalaman berharga yang bisa menjadi bahan pembelajaran bagi kamu yang sedang membangun kesuksesan.

3. Perluas jaringan kamu di dunia profesional

Guys, salah satu kunci yang akan membuat kamu sukses adalah banyaknya network atau jaringan yang kamu miliki. Apalagi jika kenalan kamu itu orang yang betul-betul sukses. Di sini, keahlian kamu dalam bersosialisasi benar-benar dibutuhkan banget, lho. Menurut sebuah studi, jika kamu sering menghabiskan waktu dengan orang-orang sukses, kamu juga akan ikut termotivasi untuk menjadi orang yang sukses dan bekerja lebih keras. Dan satu lagi, jangan segan-segan membantu jika mereka butuh bantuan kamu. Jadi, ketika suatu saat kita butuh, mereka akan ada buat kamu.

4. Kendalikan keuanganmu

Tidak hanya harus pintar-pintar menabung, kamu juga harus pintar-pintar untuk mengalokasikan uang kamu. Dari gaji yang kamu terima setiap bulannya, kamu harus bisa atur berapa persen yang kamu keluarkan untuk menabung, makan, transportasi, membayar tagihan, hingga untuk hiburan. Dengan adanya perencanaan yang matang, kamu bisa kendalikan diri kamu untuk tidak mengeluarkan biaya lebih dari yang sudah direncanakan.

5. Jangan takut dengan kegagalan

Setiap orang yang sukses pasti pernah merasakan pahitnya kegagalan. Jadi saat usia muda, wajar kok jika kamu mengalami kegagalan. Malahan, kegagalan bisa menjadi ‘guru’ terbaik kamu agar kamu tidak mengulangi kesalahan yang sama dan menjadi lebih baik. Dari kegagalan juga kamu belajar banyak hal hingga kamu bisa menentukan pilihan yang lebih baik dan mengantarkan kamu menuju kesuksesan.

6. Membangun kebiasaan yang baik dan menghilangkan kebiasaan buruk

Kebiasaan kamu juga menentukan kesuksesan kamu, lho. Bedanya orang sukses dan yang tidak sukses itu terletak pada kebiasaan mereka–tentunya kebiasaan mereka jauh lebih banyak daripada kebiasaan buruknya. Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah menyadari kebiasaan buruk apa yang kamu miliki. Nah, setelah itu kamu tinggal mengubahnya. Misalnya, kalo kamu terlalu banyak nonton, batasi jadi hanya satu jam sehari. Atau jika kamu sering lupa nama seseorang, catat nama mereka jadi kamu bisa terus ingat.

7. Bedakan kebutuhan dengan keinginan

Memasuki dunia kerja, kamu mungkin ‘gatal’ ingin memiliki semuanya yang dulu tidak pernah bisa kebeli. Sementara di zaman sekarang kamu makin dipermudah dengan adanya sistem kredit. Meskipun secara finansial kamu mampu, tapi tahan dulu deh.

Coba pikirkan lagi barang-barang apa saja yang kamu inginkan sekaligus kamu butuhkan. Misalnya nih, kamu ingin punya motor dengan harapan akan memudahkan mobilitas kamu ke tempat kerja atau ketemu orang. Dengan begitu, kamu juga lebih menghemat ongkos transportasi, ‘kan?
(PT Equityworld)