PT Equityworld | 7 Tips Keuangan Biar Bisa Liburan ke Luar Negeri Meski Gaji Cuma 2 Jutaan! Masa Bisa Sih?

pt equityworld

PT Equityworld | Liburan tentu hak semua orang ya, termasuk kamu yang notabene #sobatmisqueen. Meski gaji pas pasan atau masih kuliah pun, kamu berhak lho liburan. Termasuk liburan ke luar negeri sekalipun. Jangan khawatir, kalau kamu tahu caranya pasti bisa kok. Sayang kadang kamu udah pesimis duluan dan terlalu ‘malas’ mengambil resiko. Gaji pas-pasan buat sebulan jadi alasan kamu mesti mengubur mimpi kamu liburan ke luar negeri.

Kalau sudah gitu, akhirnya cuma bisa ngiri deh lihat teman-temanmu pamer foto liburan di Instagram. Bukan, bukan mengajari untuk pamer sih. Tapi biar kamu bisa jadi lebih pede juga kalau kamu bisa traveling ke luar negeri dan punya paspor. Masa sih nggak pengen instastory dengan latar belakang boarding pass? Hehehe.

Nah, daripada kamu sedih dan manyun, yuk bulatkan tekad tahun depan liburan ke luar negeri. Kalau masih bingung, nih Hipwee Travel bikinin panduannya.

1. Oke, gaji kamu anggap saja 2,5 juta rupiah per bulan. Pertama, kamu mesti membagi pengeluaran kamu menjadi 5 bagian, termasuk untuk liburan

Pakar keuangan asal Hongkong, Li Kha Sing, mengajarkan untuk membagi keuangan dalam 5 bagian. Untuk kehidupan sehari-hari 30 %, kebutuhan sosial dan pertemanan 20 %, kebutuhan pendidikan 15 %, wisata atau liburan 10 % dan investasi 25 %. Jadi dalam kasus gaji 2,5 juta, kebutuhan sehari-hari sebesar 750 ribu, sosial 500 ribu, pendidikan 375 ribu, liburan 250 ribu, dan investasi 625 ribu. Ambil dan gunakan 250 ribu dikalikan 12 bulan yakni 3 juta rupiah. Cukup nggak tuh buat liburan ke luar negeri?

2. Kalau belum cukup kurangi biaya investasi. Ambil 100 ribu tiap bulan untuk tiket pesawat. Anggaplah tiket pesawat sebagai investasi ya

Sebagai catatan dana investasi ini bisa bermacam-macam dan kamu mesti punya alokasi meski gajimu sedikit. Investasi ini ada beberapa macam, bisa tabungan, beli emas, beli ternak, ikut program investasi di perbankan, termasuk pula saham. Yang jelas berinvestasilah sesuai kemampuan dan kebutuhan kamu. Kurangilah duit tertidur di bank. Putarkan uangmu dan nikmati hasilnya kelak di kemudian hari. Ambil 100 ribu dari budget investasi tiap bulan dan alihkan ke tiket pesawat. Total ada 1,2 juta.

3. Cari tiket pesawat promo ke ASEAN ya. Kalau nggak bisa dapat yang 500 ribu PP, dapat 800 ribu PP sudah syukur deh

Cari tiket liburan ke ASEAN seperti Singapura, Malaysia, Thailand atau Vietnam, terserah mana yang kamu tuju. Ikuti program promo dari maskapai kalau bisa promo free seat. Pasti dapat tiket PP kurang dari sejuta. Oke anggap saja 800 ribu ya. Masih ada sekitar 400 ribu untuk modal bikin paspor. Paspor anggap saja juga investasi. Hehehe. Bikin paspor cuma 355 ribu rupiah.

4. Punya tabungan yang akan kamu isi jika kamu melakukan kesalahan atau dosa. Janji pada diri sendiri, kalau aku salah aku kena denda 20 ribu dan dimasukkan ke celengan

Bikinlah celengan dengan tulisan ‘THAILAND 2019’ atau ‘NEPAL 2019’ dan isilah dengan uang 20 ribuan. Manusia nggak pernah luput dari dosa ‘kan? Nah jika kamu melakukan kesalahan atau menurutmu dosa, masukkan uang 20 ribu di celengan. Dengan begitu, meski kamu salah, kamu punya tambahan budget untuk liburan. Jika sebulan melakukan 5 kesalahan saja sudah mengumpulkan 100 ribu, setahun jadi 1,2 juta. Gunakan untuk pesan kamar hotel (backpacker aja yang murah) untuk 4-5 malam.

5. Masih ada peluang lagi dari uang THR setiap tahunnya. Gunakan 40 % THR untuk tambahan liburan

Kalau gaji kamu 2,5 juta berarti kamu akan dapat THR dengan jumlah sama. Gunakan 40 % atau 1 juta untuk tambahan uang liburan. Sisanya gunakan untuk kebutuhan kamu dan berbagi dengan saudara di hari raya. Lumayan ‘kan total ada 4 juta rupiah untuk liburan. Hehehe.

6. Datanglah saat low season biar biaya liburan kamu lebih murah

Jangan sesekali datang pas ramai turis, pilihlah low season sehingga kamu bisa menikmati perjalanan kamu. Jika datang di saat low season, harga-harga di tempat wisata jadi murah. Kamu pun bisa dengan leluasa foto-foto karena tak banyak turis datang.

7. Nggak usah pedulikan orang-orang dengan membelikan oleh-oleh. Ingat, kamu bisa ke luar negeri aja perlu berhemat banget

Budget liburan kamu sebisa mungkin cukup untuk makan, transport dan masuk ke tempat wisata. Dengan uang 4 juta, liburan seminggu ke Singapura, Malaysia dan Thailand pun sepertinya bisa. Penginapan sudah dibooking online, pesawat juga udah dibeli. Jadi nggak usah khawatir duitnya nggak cukup. Bahkan beli oleh-oleh buat orang tua juga cukup. Nggak usah pikirin orang lain, temen kerja ataupun temen di Instagram yang tiba-tiba DM minta oleh-oleh.

Jadi total budget yang kamu kumpulkan dalam setahun tadi sebanyak 6,4 juta dalam setahun nabung. Sudah bisa beli tiket, booking hotel dan liburan selama seminggu. Terlihat masuk akal bukan? Hanya saja menabung dengan cara seperti ini memang lumayan ribet dan nggak semua orang mau melakukannya. Tapi kalau kamu memang berniat ke luar negeri, tunjukkan dong kemauan dan tekad kamu. Oke, semangat ya! (PT Equityworld)