PT Equityworld | 9 Makanan yang Wajib Kamu Hindari Ketika Sakit

PT Equityworld | Makanan bukanlah hal pertama yang kamu pikirkan ketika jatuh sakit. Padahal ketika sakit tubuh memerlukan banyak nutrisi. Namun ada beberapa makanan justru membuat sakit kalian semakin parah. Berikut dikutip dari idntimes.com 9 makanan yang membuat sakit kalian semakin parah.

1. Kopi

Kopi dihindari karena kandungan kafein yang justru membuat kalian sering buang air kecil sehingga tubuh menjadi dehidrasi. Apalagi jika kalian menderita diare, minum kopi adalah keputusan yang salah. Ketika kalian diare dan minum kopi, tubuh akan lebih banyak kehilangan cairan. Selain itu, minum kopi akan membuat otot pencernaan bekerja lebih keras sehingga kalian akan buang air besar lebih sering.

2. Jus jeruk

Jus jeruk dengan kandungan asam memang terlihat menyegarkan. Namun ketika kalian batuk atau flu, jus jeruk hanya akan memperparah tenggorokan kalian. Hal ini terjadi justru karena asam citric pada jeruk akan membuat iritasi tenggorokan kalian yang sudah mengalami peradangan.

3. Gula-gula

Mengkonsumsi gula atau permen ketika sakit justru akan menekan produksi sel darah putih yang seharusnya melawan bakteri. Sistem imun akan melemah beberapa jam setelah kalian mengkonsumsi gula, permen atau cookies. Akibatnya, sel darah putih tidak bisa melawan kuman penyakit.

4. Soda

Seperti kopi, soda juga mengandung kafein yang membuat tubuh dehidrasi. Soda juga mengandung banyak gula, sehingga akan mengganggu sistem imun yang akan menekan produksi sel darah putih. Jika kalian tidak ingin minum air mineral saja, air kelapa lebih baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh ketika sakit.

5. Keripik

Tekstur kasar pada kripik kentang, granola atau roti kering akan mengganggu tenggorokan. Kandungan MSG dan minyak goreng akan membuat tenggorokan terasa kering. Sehingga, semakin kita membuat iritasi pada tenggorokan, semakin lama tenggorokan kita akan sembuh.

6. Alkohol

Seperti halnya soda dan kopi, alkohol memperparah kita ketika sakit karena menyebabkan dehidrasi. Karena dehidrasi, alkohol juga akan membuat kadar darah naik lebih cepat. Inilah alasan yang membuat kalian akan merasa mabuk lebih cepat. Selain itu, alkohol juga mempercepat kerja pencernaan sehingga mengakibatkan diare.

7. Susu

Kalian mungkin pernah mendengar bahwa kalian harus menghindari minum susu ketika sakit. Hal ini terjadi karena susu akan membuat tubuh menghasilkan lebih banyak lendir atau dahak. Namun rumor itu tidak sepenuhnya benar. Meskipun beberapa orang pernah mengalami ketika mereka sakit dan mengkonsumsi susu, maka akan menghasilkan dahak lebih banyak.

8. Makanan berlemak

Makanan berlemak membutuhkan waktu yang lama untuk berpindah dari sistem pencernaan. Hal ini mengakibatkan rasa mual dan memicu asam pada sistem pencernaan. Kondisi ini juga memicu kejang otot pada usus sehingga membuat diare memburuk.

9. Makanan pedas

Cabe dan saus panas mendapatkan rasa panas dari kandungan capsaicin, yaitu senyawa yang dapat mengiritasi saluran hidung. Makanan pedas dan panas memang baik untuk mengobati hidung tersumbat, namun jenis makanan ini sebaiknya dihindari jika kalian mengalami masalah pencernaan. (JK- PT Equityworld)

Save