PT Equityworld | Awas, Ini 5 Tanda Kalau Kamu Mengidap Anoreksia

PT Equityworld 71

PT Equityworld | Anoreksia nervosa adalah masalah kesehatan jiwa yang mengakibatkan terjadinya gangguan pola makan yang ekstrim, dimana penderitanya membatasi pola makannya bahkan memilih untuk tidak makan sama sekali karena takut akan kenaikan berat badan (takut gemuk).

Penderita pun dapat disebabkan dari berbagai macam faktor, misalnya faktor keturunan (keluarga mengidap anoreksia), pengalaman hidup yang buruk dan mengakibatkan stres, kurangnya rasa percaya diri dan yang terakhir dan paling berpengaruh adalah sosial media.

Nah, biasanya penyakit ini menyerang sebagian wanita yang awalnya terobsesi mendapatkan tubuh yang proposional seperti yang dilihat di sosial media atau biasa disebut body goals. Malah karena diet yang berlebih mengakibatkan terserang penyakit anoreksia nervosa. Simak beberapa gejala dan tanda-tanda nya seperti di rangkum di bawah ini.

1. Ketakutan berlebihan pada kenaikan berat badan.

Pengidap anoreksia sangat takut dengan kenaikan berat badan, mereka akan merasa tertekan membayangkan berat badan yang naik, maka dari itu mereka berusaha untuk diet terus-tersuan dan memaksa untuk tidak makan. Bahkan pada beberapa kasus yang sudah parah, penderita ini memaksa mengeluarkan kembali (memuntahkan) makanan yang sudah mereka makan.

2. Meminum obat-obatan yang menstimulasi buang air kecil/besar.

Bagi wanita mendapatkan tubuh yang ideal itu adalah segala-galanya, wajar jika mereka melakukan segala macam usaha untuk mendapatkan tubuh yang ideal, meminum obat pelangsing juga sering wanita lakukan, tapi untuk orang yang mengidap anoreksia, dosis yang dia gunakan sudah melebihi saran untuk kebutuhan perhari, mereka berpendapat kalau semakin banyak mengonsumsi obat tersebut maka akan semakin cepat juga prosesnya, padahal pendapat tersebut tidak benar.

3. Gangguan menstruasi yang terjadi terus-menerus.

Gangguan menstruasi adalah kelainan yang terjadi pada siklus menstruasi, bisa berupa perdarahan yang terlalu banyak atau terlalu sedikit, siklus menstruasi tidak beraturan, atau bahkan tidak haid sama sekali. Memang gangguan menstruasi sangat umum terjadi, malah siklus menstruasi yang normal sebenarnya berbeda untuk setiap perempuan, namun pada umum nya wanita mengalami menstruasi 4,5 hingga 8 hari dengan siklus 21-35 hari.

Jadi jika siklus menstruasi kamu tidak normal atau memiliki perbedaan yang signifikan dan terjadi secara terus-menerus dengan perbandingan siklus di atas segera konsultasikan ke pihak yang ahli/dokter.

4. Stres berlebihan yang mengakibatkan rambut rontok.

Pengidap anoreksia juga pasti merasa stres dengan tekanan untuk tidak makan dan harus kurus, hal ini memicu menurunkan suhu tubuh dan mengakibatkan kerontokan rambut, bukan kerontokan yang biasa tapi rontok yang sangat parah, normalnya rambut yang rontok itu tidak lebih dari 100 helai, namun apabila sudah lebih dari itu, sudah termasuk kategori rontok yang parah.

5. 5L (Lemah Letih Lesu Lelah Lunglai).

Sebagai manusia wajar jika merasakan gejala ini. Tapi untuk mereka pengidap anoreksia hal ini seperti sudah melekat dalam diri mereka. 5L sendiri bisa saja menyerang orang normal tapi untuk anoreksia gejala ini sudah menjadi gaya hidup mereka, tiada hari tanpa 5L.

Jika kamu juga merasakan hal serupa, segera periksakan diri kamu ke dokter untuk mendapatkan tindakan lebih lanjut. (PT Equityworld)