PT Equityworld | Bau Badan? Jangan Dibiarkan, Inilah 5 Penjelasan Ilmiah di Baliknya!

pt equityworld

PT Equityworld | Pernahkah kalian tiba-tiba mencium sebuah bau yang tak sedap dan tidak hilang-hilang, yang tak diketahui asalnya sampai pada akhirnya kamu sadar kalau bau itu datang dari temanmu? Jika pernah, maka selamat karena kamu sudah menemui contoh dari bau badan. Yuck…

Bau badan, walaupun tidak berbahaya, tetapi sangatlah mengganggu. Kondisi ini dapat dicium oleh mereka yang memiliki jarak cukup jauh dan seringkali bau badan ini tak diketahui oleh sang pembawa, membuat mereka tak sadar dirinya membuat tidak nyaman sekitarnya. Tetapi apakah yang menyebabkan adanya bau badan itu? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini penjelasan selengkapnya!

1. Keringat di ketiak menjadi salah satu penyebab bau badan

Bua badan disebabkan oleh banyak aspek yang bercampur menjadi satu, mulai dari genetik, umur, makanan yang dikonsumsi hingga higienitas tubuh. Tetapi ada dua hal yang menjadi penyebab utama: sekresi ketiakmu dan bakteri yang mencari makan di sana.

Keringat adalah contoh dari sekresi ketiak di mana itu dapat diproduksi oleh dua tipe kelenjar, yaitu kelenjar eccrine yang ada di seluruh tubuh di mana komposisinya adalah air serta garam dan kelenjar apocrine yang terjadi ketika kamu memasuki masa pubertas. Keringat dari kelenjar apocrine memiliki komposisi protein dan lemak, namun keringat ini pun tidaklah memiliki bau.

2. Bakterilah yang utamanya menciptakan bau badan

Tubuh kita memiliki ribuan bakteri di setiap centimeter tubuh kita. Sebagian besar dari mereka hidup di area-area lembap di tubuh kita dan pada area itu jumlahnya dapat mencapai jutaan.

Adapun bakterinya adalah corynebacteria, staphylococci, micrococci dan lainnya. Ketika bakteri-bakteri ini makan protein dan lemak di keringat tersebut, mereka mengubah komponen yang tidak bau tersebut menjadi sesuatu yang memiliki wangi tidak menyenangkan.

3. Makanan hingga genetik mampu mempengaruhi bau badan

Yang menjadi pertimbangan seberapa kuatkah bau badanmu adalah tipe bakteri yang tinggal di tubuhmu, serta protein apa yang dimakan oleh mereka. Genetik jugalah yang menentukan komponen apa dan seberapa banyak yang kamu produksi, sedangkan adrenalin menambah jumlah keringat yang diproduksi.

Konsentrasi dan komposisi bakteri tersebut berbeda-beda tergantung individual. Bahkan makanan yang kamu santap sedikit banyak akan mempengaruhi bau tubuhmu. Fakta unik, genetik yang mampu mengeliminasi bau badan kebanyakan datang dari orang-orang di Asia Timur.

4. Deodoran menghalangi aktivitas bakteri di ketiak

Mencuci dan membersihkan ketiak menggunakan sabun tidaklah cukup untuk menyingkirkan seluruh bakteri karena banyak yang terbenam di lapisan dalam kulit. Baru dengan menggunakan deodoranlah, aktivitas bakteri terhalangi serta menutupi bau badan. Antiperspirant bekerja dengan cara membuat gel-gel kecil yang menghalangi kelenjar keringat, mengeringkan ketiak.

5. Adanya kemungkinan bau badan merupakan daya tarik biologis kita

Sampai sejauh ini ilmuwan masih belum memahami mengapa tubuh kita memproduksi bau badan, tetapi beberapa ilmuwan meyakini ini adalah salah satu cara manusia untuk menarik perhatian orang lain, atau malahan lawan jenis, serta sebagai bentuk komunikasi dengan mereka. Tidak diketahui secara pasti akan hal ini tetapi yang kita tahu bau badan sangatlah tidak nyaman di hidung kita.

Sekarang kalian sudah satu langkah untuk memahami bau badan temanmu serta diri sendiri. Jadi, mulailah hidup lebih sehat dan bersih agar bermacam-macam bakteri tidak mendatangi ketiakmu. Memangnya siapa sih yang mau badannya bau. (PT Equityworld)