PT Equityworld | Berapa Jumlah Kalori yang Harus Dibakar untuk Menurunkan Berat Badan?

pt equityworld

PT Equityworld | Mungkin kamu sering dengar kalau mau turun berat badan, kamu perlu kurangi makan dan banyak bergerak. Meski begitu, acuan seberapa banyak kamu harus bergerak masih membingungkan. Dilansir dari livestrong.com, untuk mengetahui berapa kalori yang perlu dibakar tiap minggunya, perlu melihat beberapa faktor, seperti: tujuan menurunkan berat badan, konsumsi makanan dan cara membakar kalori tersebut.

Sudah tentu aktivitas fisik sangat penting untuk membakar kalori. Selain itu, aktivitas fisik punya banyak manfaat kesehatan, seperti: mobilitas sendi yang kian membaik, mencegah penyakit kronis serta meningkatkan suasana hati dan stamina. Lantas, berapa kalori yang perlu dibakar untuk dapat tubuh ideal dan bagaimana caranya? Berikut ulasannya!

1. Perlu 3.500-7.000 kalori yang harus kamu bakar per minggu

Untuk menurunkan berat badan satu kilogram per minggu, kamu perlu membakar lemak 500-1.000 kalori lebih banyak tiap hari dari yang kamu konsumsi. Itu sama dengan 3.500-7.000 kalori per minggu.

Sementara itu, kalori per hari yang perlu masuk dalam tubuh, untuk wanita sebanyak 2.000 kalori, sementara pria 2.500. Namun kamu harus ingat bahwa asupan kalori per harimu jangan sampai kurang dari itu ya! Karena bisa berbahaya bagi tubuhmu.

2. Kehilangan berat badan dengan cepat gak dianjurkan, lebih baik pelan-pelan saja

Sesuatu yang instan memang punya efek samping. Sama halnya dengan berat badan yang turun drastis. Itu bisa membuatmu kekurangan nutrisi dari makanan. Selain itu, kamu pun bisa kehilangan massa otot dan akan membuatmu gak bertenaga. Terakhir, bahaya berat badan yang turun signifikan adalah metabolisme tubuh yang terhenti.

3. Adapun, kunci dari turun berat badan adalah olahraga

Olahraga membantu membakar kalori dan menjaga massa otot. Jika kamu mengurangi kalori tanpa olahraga, tubuh akan mengambilnya dari massa otot. Padahal, otot butuh banyak kalori untuk menopang tubuh dan meningkatkan metabolisme. Lagipula, tubuh yang berotot juga terlihat bagus karena kencang dan bugar kan?

4. Bakar kalorimu dengan latihan kardiovaskular

Latihan kardiovaskular atau biasa disebut kardio adalah latihan yang melibatkan denyut jantung dalam jangka waktu panjang, seperti: berlari, bersepeda atau berenang. Latihan kardio akan membakar kalori per menit dibandingkan latihan kekuatan. Sementara, buat kamu yang ingin mengembangkan massa otot, lebih baik latihan kekuatan, seperti angkat beban.

5. Untuk menurunkan berat badan yang signifikan, cobalah 200-300 menit latihan kardio

American College of Sports Medicine merekomendasikan latihan kardio selama 200-300 dengan intensitas sedang sehingga 2.000-3.000 kalori akan terbakar per minggu. Dengan begitu, berat badan akan turun secara signifikan. Signifikan sendiri maksudnya berat badanmu turun 5 persen lebih.

Gemuk memang bukan berarti buruk. Namun, kamu juga perlu berusaha tetap ideal demi kesehatanmu. Selain membuatmu sehat, kepercayaan dirimu pun akan meningkat. Berusaha lah! (PT Equityworld)