PT Equityworld | Cara Mengurangi Efek Buruk Terlalu Banyak Duduk

PT Equityworld | Coba Anda pikir-pikir, dalam sehari, berapa jam yang Anda habiskan dalam posisi duduk? Di kantor mungkin sekitar 8 jam, lalu di rumah? Berapa jam lagi Anda duduk-duduk saja?

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jika setiap harinya Anda duduk lebih dari 6 jam, risiko Anda terkena penyakit jantung meningkat sebesar 64%. Agak kejauhan? Bagaimana dengan efek-efek yang langsung terasa seperti pegal-pegal, sakit punggung, nyeri leher, dan berat badan yang bertambah? Jika keseharian Anda banyak dihabiskan untuk duduk, simak tips-tips ini untuk mencegah dan meringankan efek buruk duduk terlalu lama.

1. Atur Posisi Duduk
PT Equityworld Futures 335
Anda mungkin tahu bahwa duduk membungkuk berakibat tidak baik kesehatan, namun ternyata duduk terlalu tegak, tepatnya 90 derajat, juga tidak baik untuk tulang dan sendi. Para ilmuwan dari Kanada dan Skotlandia menemukan bahwa posisi duduk 135 derajat adalah yang paling nyaman dan lebih baik untuk kesehatan sendi Anda.

Pastikan juga layar komputer terletak langsung di garis mata Anda agar leher  tidak perlu terlalu menunduk. Psst, jika bos Anda curiga Anda sedang bermalas-malasan karena posisi duduk Anda yang tampak santai, tunjukkan artikel ini pada beliau!

2. Gunakan Setiap Kesempatan Untuk Bergerak

– Jika ada hal yang perlu Anda bicarakan dengan kolega, jangan gunakan email atau pesan singkat. Langsung saja ke mejanya.
– Ada yang menelepon? Berdiri dan angkat telepon Anda sambil sedikit berjalan-jalan.
– Selesai makan siang, jika ada waktu, jangan langsung kembali ke meja Anda dulu. Selain berguna untuk menyelipkan sedikit aktivitas fisik, jalan-jalan mengelilingi area sekitar kantor selama beberapa menit juga membantu proses pencernaan dan meringankan tekanan.

3. Jadwalkan Waktu Untuk Bergerak

Untuk setiap satu jam Anda duduk dan bekerja, beri diri Anda waktu lima hingga sepuluh menit untuk berhenti, entah untuk berdiri dan berjalan-jalan maupun meregangkan tubuh. Bila perlu, pasang alarm kecil sebagai pengingat. Coba gerakan-gerakan ini untuk melemaskan otot yang kaku.

4. Buat Diri Sendiri Repot

– Parkirkan kendaraan Anda sejauh mungkin dari pintu masuk.
– Selalu pilih tangga dibanding lift atau eskalator.
– Jika Anda terbiasa membawa botol air raksasa, coba ganti ke yang berukuran kecil agar Anda terpaksa harus sering berjalan ke pantry untuk mengisinya. Tapi jangan malah menjadikan ini alasan untuk minum lebih sedikit dari biasanya. Semakin banyak yang Anda minum, semakin sering Anda akan ke kamar mandi dan, ya, semakin sering Anda akan berdiri dan berjalan.

Di luar kantor, peliharalah kebiasaan sehat untuk berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari dan ingat untuk selalu manfaatkan setiap kesempatan untuk bergerak.

Jadi, jika Anda sekarang sedang duduk sambil membaca artikel ini, ayo, berdiri dan stretching atau jalan-jalan ringan! (PT Equityworld)

Save