PT Equityworld | Data Ketenagakerjaan Amerika Menyedihkan, Emas Bergerak Lebih Tinggi

PT Equityworld

PT Equityworld | Harga emas bergerak lebih tinggi, Senin pagi, karena data penggajian non-pertanian AS yang suram menggarisbawahi dampak ekonomi yang semakin dalam akibat pandemi virus korona, meski penguatan dolar membatasi kenaikan logam kuning itu.

Harga emas di pasar spot naik 0,2% menjadi USD1.618,90 per ounce pada pukul 07.53 WIB, demikian laporan  Reuters , di Bengaluru, Senin (6/4). Emas berjangka Amerika Serikat stabil di posisi USD1.645,90 per ounce.

Laporan Departemen Tenaga Kerja AS, Jumat, menunjukkan ekonomi menghapus 701.000 pekerjaan pada Maret, mengakhiri pertumbuhan lapangan kerja selama 113 bulan berturut-turut, karena langkah-langkah ketat untuk mengendalikan wabah virus korona memukul aktivitas bisnis dan pabrik.
Dolar melesat ke level tertinggi lebih dari satu minggu terhadap rival utama, membuat emas lebih mahal bagi investor yang memegang mata uang lain.
Pejabat senior Federal Reserve, Minggu, mengatakan dana bantuan ekonomi senilai USD2,3 triliun yang disetujui Kongres memiliki ukuran yang tepat dan upaya bantuan lebih lanjut mungkin tidak diperlukan jika upaya dukungan dilaksanakan dengan baik.
Tingkat kepercayaan konsumen Inggris mencatat penurunan terbesar dalam lebih dari 45 tahun, menurut survei yang dirilis Senin, karena melebarnya penghentian aktivitas ekonomi untuk mengekang penyebaran virus tersebut menghantam keuangan rumah tangga.
Bank of England tidak akan melakukan pencetakan uang yang tidak dapat dikembalikan untuk mendanai lonjakan pengeluaran pemerintah karena bank itu berusaha melindungi ekonomi Inggris dari krisis virus korona, kata Gubernur Andrew Bailey, Minggu.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe akan mengumumkan keadaan darurat terkait pandemi tersebut, Selasa, lapor surat kabar  Yomiuri , ketika jumlah infeksi mencapai 1.000 di ibu kota, Tokyo.
SPDR Gold Trust, ETF emas terbesar di dunia, mengatakan kepemilikannya naik 0,72% menjadi 978,99 ton pada sesi Jumat.
Sejumlah  hedge fund  dan  money manager  mengurangi posisi  bullish  mereka pada emas COMEX dan meningkatkannya dalam kontrak perak pada pekan hingga 31 Maret, menurut Komisi Perdagangan Komoditas Berjangka ( CFTC ) Amerika, Jumat.
Pasar emas fisik di pusat-pusat utama Asia melihat perbedaan tajam pekan lalu dengan beberapa daerah melihat lonjakan permintaan, sementara yang lain bergulat dengan pasokan dan aktivitas yang tidak aktif di tengah penguncian global.
Tiga dari pengilangan emas terbesar di dunia mengatakan akan membuka kembali sebagian aktivitasnya setelah penutupan dua pekan yang mengganggu pasokan logam itu secara global.
Logam lainnya, palladium turun 0,6% menjadi USD2.175,81 per ounce, sementara platinum melonjak 2% menjadi USD734,82 per ounce dan perak naik 0,4% menjadi USD14,45 per ounce.