PT Equityworld | Gagal Ginjal: Penyakit Serius yang juga Bisa Mengancam Anak Muda

pt equityworld

PT Equityworld | Memperingati Hari Ginjal Sedunia (World Kidney Day) di Bulan Maret 2018 ini, dikutip dari idntimes.com penyakit ginjal yang paling banyak merenggut nyawa penderitanya, yaitu nefropati atau gagal ginjal. Oleh karena tingkat kematian akibat penyakit ini makin meninggi dari tahun ke tahun, kamu perlu tahu bahwa semua orang dari semua usia memiliki risiko mengalaminya, sehingga kamu pun perlu tahu cara mencegahnya. Baca selengkapnya di sini ya!

1. Ginjal yang sehat tentunya bisa menjalankan fungsinya dengan baik dan lancar

Dilansir dari livestrong, ginjal yang sehat membersihkan kelebihan cairan, mineral dan produk limbah tubuh lainnya (yang dikumpulkan oleh darah) dengan cara memproduksi urin. Mereka juga membantu menyeimbangkan volume elektrolit dan mengatur kisaran pH dalam tubuh.

Pada tahap selanjutnya, ginjal akan melepaskan rennin, suatu jenis hormon sentral dalam mengendalikan tekanan darah dan berbagai fungsi fisiologis lainnya. Penyakit atau cedera tertentu bisa mencegah sebuah unit penyaringan darah ginjal, yang disebut nefron, untuk berfungsi dengan baik.

2. Ketika mengalami gagal ginjal, itu artinya tubuh seseorang gak lagi mengalami fase pembersihan darah yang telah disebutkan

Bila ginjal kehilangan fungsinya, cairan, garam dan limbah bisa menumpuk di aliran darah. Inilah yang disebut sebagai gagal ginjal. Para ahli dari University of Michigan Medical School telah melaporkan temuan baru mereka dalam bidang genetika: salah satu gen, ketika bermutasi, dapat menyebabkan nephronophthisis – penyebab genetik utama dalam gagal ginjal kronis, terutama pada anak-anak dan dewasa muda. Ketika mengalami gagal ginjal, seseorang harus menjalani proses medis yang dinamakan cuci darah atau hemodialysis, agar fungsi ginjal tersebut bisa tergantikan.

3. Anak muda dan dewasa muda memungkinkan untuk terkena gagal ginjal dengan berbagai penyebab khusus

Gagal ginjal akut mendadak terjadi akibat muntah dan diare berlebihan, mengalami pendarahan banyak ataupun penyakit lain yang mendasarinya seperti gagal jantung. Sedangkan gagal ginjal kronis yang bertahap biasanya disebabkan oleh penyakit kronis yang mendasari seperti diabetes melitus, darah tinggi ataupun gagal ginjal akut yang tidak mendapat perawatan layak.

Gagal ginjal juga bisa disebabkan oleh dehidrasi parah, luka bakar, sepsis, infeksi pada ginjal, penggunaan rutin obat-obatan, kelainan genetik/bawaan dan penyakit lupus. Gagal ginjal sangat mungkin menyerang berbagai usia, karenanya anak muda dianjurkan menjalani pola hidup yang benar.

4. Walaupun dampak gagal ginjal besar sekali bagi

Pola hidup sehat harus dimulai sesegera mungkin, tanpa alasan dan tidak ada kata terlambat. Untuk mencegah terjadinya gagal ginjal, kamu bisa melakukan olahraga yang rutin, istirahat cukup dan teratur serta mengonsumsi makanan-makanan sehat. Jangan lupa untuk minum air putih yang cukup setiap harinya, jangan sampai dehidrasi. Selain itu, kalau kamu punya penyakit kronis lainnya, rajin-rajinlah kontrol ke dokter, agar penyakitnya gak berkembang.

Itulah informasi seputar gagal ginjal yang perlu kamu tahu dan risiko yang menghantui kita semua, dari rentang usia berapapun. Mengingat bahwa efeknya akan sangat mengobah pola hidup kita, jaga kesehatanmu baik-baik ya. Bukan hidup sehat kok yang mahal, yang mahal adalah kembali ke hidup yang sehat. Selamat menjalani hidup sehat! (PT Equityworld)