PT Equityworld | Hati-hati Jika Laparmu Dibiarkan, Kamu Bisa Terkena 7 Masalah Akut Ini

pt equityworld

PT Equityworld | Gak jarang lho kita sering membiarkan rasa lapar yang kita rasakan karena berbagai alasan. Mungkin keuangan yang lagi serat atau sedang diet.

Apapun alasannya, rasa lapar jika dibiarkan dapat berbahaya. Berikut adalah beberapa efek yang bisa didapatkan jika kamu membiarkan rasa laparmu tetap ada dalam jangka waktu yang lama.

1. Malnutrisi

Salah satu dampak terparah dari terus menerus kelaparan. Malnutrisi adalah kondisi yang menyedihkan di mana tubuhmu sendiri kekurangan nutrisi karena kelaparan.

Kondisi ini dapat dilihat pada anak-anak di beberapa belahan dunia yang kurang berkembang. Adapun efek dari malnutrisi adalah anemia dan buta ayam.

2. Dehidrasi

Kelaparan bisa datang karena tubuhmu dehidrasi. Dengan membiarkannya terus-terusan, kulitmu dapat pecah-pecah, sembelit serta hal lainnya. Karena itu penting untuk minum air, terlebih jika kamu sudah makan namun masih tetap lapar juga.

3. Hilangnya periode menstruasi

Bagi wanita, selalu ada kemungkinan untuk periode menstruasi yang tidak stabil jika membiarkan lapar melanda terus menerus. Hasilnya adalah adanya kerusakan pada organ, menyebabkan proses di dalam tubuh berjalan lambat dan membuat menstruasi berhenti. Ini biasa dialami oleh mereka yang menjalani diet ketat.

4. Sembelit

Studi menunjukkan para penderita anoreksia selalu merasakan rasa lapar yang berlebihan di mana hal itu menyebabkan gangguan-gangguan lain. Dalam sebuah studi kasus, terdapat tiga penderita anoreksia yang membutuhkan pencahar agar mereka dapat buat air lantaran kekurangan serat di dalam tubuh mereka.

5. Tulang keropos

Kelaparan membuat tubuh harus mencari cara lain untuk memenuhi nutrisinya. Hal itu mengarahkan tubuh memakan nutrisi dari otot dan tulang.

Akibatnya, terjadi perubahan struktur tulang. Tulang lamamu terrgerus dan digantikan tulang baru. Sayang, tidak adanya nutrisi membuat tulang baru tersebut sangat rapuh.

6. Kelelahan

Pastilah kamu pernah mendengar kata-kata: “Penuhilah energimu dengan makan.” Itu tidak salah. Mereka yang lapar lebih mudah lelah ketimbang yang telah mengisi perutnya. Oleh karena itu, tidak salah jika orang tua kita selalu memarahi kalau berangkat sekolah tanpa sarapan.

7. Tekanan darah tinggi

Pada saat kamu lapar, tidak ada kandungan nutrisi vitamin D dan potasium yang masuk ke dalam tubuh. Hal itu menaikkan tekanan darah dan menyebabkan gangguan-gangguan lain. Terdapat sebuah studi perbandingan di mana anak-anak yang terkena malnutrisi memiliki tekanan darah lebih tinggi ketimbang anak-anak yang tidak.

Maka dari itu, kalau kamu lapar ya makan saja. Jangan terlalu perhitungan apakah berat badanmu naik atau tidak, apakah bentuk tubuhmu berubah atau tidak. Lebih baik mendapat tubuh sehat ketimbang tubuh indah. (PT Equityworld)