PT Equityworld | Hindari Empat Aktivitas Ini Agar Tidur Anda Nyenyak

PT Equityworld | Tidur yang tidak lelap, berpotensi membuat waktu tidur berkurang dan tak berkualitas, sehingga tubuh tak mendapatkan cukup energi.

Efek selanjutnya, tubuh menjadi lebih mudah lelah esok hari, melemahkan daya tahan terhadap penyakit, bahkan membuat keinginan makan menjadi tak terkendali akibat tubuh butuh energi ekstra.

Berikut, kegiatan yang dapat mengganggu tidur lelap Anda.

1. Baru berhenti kerja sesaat sebelum tidur

Contohnya saja saat Anda memiliki meeting penting di pagi hari atau proyek dengan klien yang dilakukan esok hari, beberapa pekerjaan bisa saja dilakukan setelah makan malam hingga mendekati waktu tidur.

Sayangnya, melakukan pekerjaan yang “menguras” otak sebelum tidur, dan baru berhenti sesaat sebelum tidur, membuat otak tidak memiliki waktu untuk melakukan “pendinginan”.

Sehingga, bukan tak mungkin Anda akan mengalami mimpi buruk, mimpi seputar pekerjaan, bahkan membuat Anda terbangun berkali-kali, akibat pikiran yang masih terbebani.

Sebaiknya selesaikan pekerjaan 1 jam sebelum tidur agar otak bisa beristirahat dan pikiran menjadi lebih tenang.

2. Konsumsi makanan berminyak

Makanan penuh minyak ataupun lemak jenuh, membuat pencernaan bekerja lembur untuk mencerna semua makanan itu, menyebabkan ketidaknyamanan di perut yang dapat mengganggu kualitas tidur.

Di samping membuat tubuh mengeluarkan banyak energi untuk mencerna, sehingga esok hari Anda bisa merasa lelah walau sudah tidur semalaman.

Jadi, tinggalkan gorengan, daging berlemak, atau makanan cepat saji memasuki waktu 2 jam menjelang tidur.

3. Olahraga berat

Berolahraga secara teratur adalah kunci untuk mendapatkan tidur lelap di malam hari, tapi aktif berolahraga sesaat sebelum tidur ternyata bukan ide yang baik.

Tubuh butuh waktu setidaknya 2 jam untuk menstabilkan denyut jantung dan tingkat energi, termasuk ketenangan pikiran, sebagai syarat tidur lelap.

Jadi, menyelesaikan olahraga 3 jam sebelum Anda berencana untuk tidur, adalah pilihan terbaik, terlebih bila Anda memutuskan untuk makan setelah olahraga.

4. Berselancar di sosial media hingga mengantuk

Sayangnya, berselancar di sosial media sebelum tidur, justru membuat Anda sulit mengantuk.

Cahaya biru yang dihasilkan perangkat ponsel dapat merangsang otak, sehingga sulit bagi tubuh untuk bersantai, rileks, dan merasakan bahwa sudah waktunya untuk tidur.

Tanpa sadar, Anda memang akan mengantuk, tapi bukan karena bermain ponsel, melainkan karena sudah melewati jam tidur yang sehat.

Jika Anda ingin cepat mengantuk, buka buku dan lakukan bacaan santai atau bermeditasi sebagai gantinya.(JKO- PT Equityworld)

PT Equityworld