Ihh Serem, Penyakit Berbahaya Ini Tidak Menunjukkan Gejala Apapun di Awal

PT Equityworld | Saat sebuah penyakit akan menyerang tubuhmu, maka kamu pun mendapatkan beberapa gejalanya di awal bukan? Jika kamu akan menderita pilek, maka biasanya diawali dengan kepala pusing atau demam.

Namun sebuah penelitian yang dikutip dari merdeka.com, menemukan bahwa ada beberapa penyakit serius yang sama sekali tak menunjukkan gejala apapun pada mulanya. Dan ketika terdeteksi, keadaan penyakit tersebut sudah menggawat.

1. Hepatitis C

Hepatitis adalah penyakit yang mempengaruhi kesehatan liver dan bisa menyebabkan kanker liver, sirosis, gagal liver, hingga kematian.

Sekitar 80% penderita Hepatitis C sama sekali tidak menyadari terkena penyakit ini sejak awalnya sebab tidak ada gejala yang berarti.

“Dahulu penyakit Hepatitis C umumnya disebabkan karena virus. Namun saat ini penyakit ini paling umum disebarkan akibat penggunaan jarum suntik secara sembarangan. Jika kamu lahir sebelum tahun 90-an, maka belum ada obat yang efektif untuk menyembuhkan Hepatitis C. Namun saat ini penelitian kesehatan mengembangkan obat yang sangat efektif dalam membasmi Hepatitis C.”

2. Kanker usus besar

Penyakit kanker usus besar juga masuk ke dalam jajaran penyakit mengerikan yang tak menunjukkan gejala berarti di awal. Padahal jika penyakit ini telah terdeteksi sejak awal maka tingkat penyembuhannya bisa sampai 92%.

“Jika kamu memiliki garis keturunan yang menderita penyakit kanker usus besar, maka ada baiknya jika kamu rajin memeriksakan kondisi kesehatanmu sebab kamu berisiko besar untuk terkena penyakit yang sama.”

3. HPV

HPV adalah jenis virus yang menjadi penyebab penyakit infeksi menular seksual. Munculnya HPV dalam tubuh manusia sama sekali tidak terdeteksi sejak awal dan tiba-tiba akan muncul penyakit kelamin yang membahayakan, termasuk kanker serviks.

“Selain kanker serviks, virus ini juga bisa menyebabkan penyakit kanker anal, kanker mulut, kanker vagina, hingga kanker penis. Pencegahan dini dari HPV sangat diperlukan dengan cara melakukan pap smear bagi wanita.”

4. Osteoporosis

Osteoporosis atau rapuhnya kepadatan tulang sama sekali tidak menunjukkan tanda-tanda sejak awal. Agar kamu terhindar dari osteoporosis, cukupi kebutuhan kalsium dan vitamin D harianmu serta rajinlah berolahraga.

“Selain karena penuaan dini dan kekurangan kalsium, kebiasaan seperti merokok, konsumsi alkohol berlebihan, obesitas, dan konsumsi obat-obatan tertentu seperti steroid juga bisa menjadi penyebab osteoporosis.”

Well, datangnya penyakit memang tidak bisa diprediksi. Begitu pula dengan gejalanya yang tiba-tiba muncul. Namun kamu bisa melakukan tindakan pencegahan sejak dini dengan cara selalu menerapkan pola hidup sehat baik secara fisik maupun mental. (PT Equityworld)

Save