PT Equityworld | Ini 5 Alasan Kenapa ‘Me Time’ Penting Buat Kebahagiaanmu

PT Equityworld 78

PT Equityworld | Pernah gak sih kamu ngerasain butuh waktu untuk menyendiri tanpa terganggu oleh orang lain? Ya, ini yang dinamakan me time, di mana kamu menghabiskan waktu sendirian melakukan hal yang kamu inginkan untuk rehat sejenak dari segala kesibukan.

Seperti yang dirasakan oleh Kania Annisa Anggiani atau yang akrab dipanggil Keke. Seorang ibu yang juga founder dari Chic & Darling ini juga harus menghadapi kesibukan antara keluarga dan mengatur usahanya. Sehingga cara terbaik untuk menyeimbangkan segalanya adalah dengan me time.

Nah, hal sesederhana menyempatkan waktu tidur siang saja bisa membuat kamu lebih bahagia lho. Selain itu, masih banyak beragam manfaat lain yang bisa kamu dapat dengan me time, seperti:

1. Jadi lebih produktif

Ketika kamu merasa dirimu tidak produktif dan pikiran terganggu oleh banyak hal, memaksakan diri untuk lanjut bekerja bukanlah jawaban yang ideal. Stop sekarang juga dan segera istirahat! Cari kegiatan yang kamu suka untuk bersantai, membaca buku, jalan-jalan ke mall, atau sekadar tidur.

Ketika kamu membuang jauh-jauh segala gangguan, kamu akan lebih mudah untuk berkonsentrasi. Sehingga nantinya, kamu bisa kembali menyelesaikan pekerjaanmu lebih cepat tanpa gangguan.

2. Punya waktu untuk berkontemplasi

Coba deh pikirkan, kalau kamu sibuk, kamu tidak memiliki waktu untuk berpikir selain yang berhubungan dengan pekerjaan. Nah dengan menyisihkan waktu untuk diri sendiri, kamu jadi banyak berpikir tentang banyak hal lho. Hal ini dapat memicu kreativitas yang nantinya akan membuat kamu lebih produktif. Menarik ya!

3. Mempererat suatu hubungan

Buat kamu yang memiliki pasangan, me time ternyata justru bisa memperkuat hubungan kalian lho. Yang terpenting, jangan pernah merasa bersalah hanya karena kamu butuh waktu untuk menikmati diri sendiri. Ingat, peduli dengan kesehatan diri sendiri juga merupakan satu contoh bahwa perbuatan Baik Itu Mudah, yang nantinya akan jadi kebaikan untuk kamu dan pasangan.

Hal ini dirasakan juga oleh Keke. Meski dia akui sulit untuk mencari waktu, baginya me time adalah sebuah reward dari hasil kerja kerasnya mengurus keluarga dan bisnis. Secara khusus, me time yang ideal baginya adalah membaca buku yang menarik serta berbelanja online.

Sebaliknya, justru membagi waktu untuk diri sendiri adalah cara bagaimana kita bisa mengembangkan diri kita yang nantinya bisa bermanfaat untuk orang lain. Ketika Keke rehat sejenak dengan membaca buku, ia tidak hanya membuat dirinya lebih bahagia dan jadi ibu yang lebih baik, tapi juga mengajari anak-anaknya mengenai pentingnya memperhatikan kesehatan diri. Memang, perbuatan Baik Itu Nyata adanya ya, guys!

4. Lebih menikmati hidup

Guys, kita hidup di dunia itu tujuannya untuk dinikmati. Jadi, percuma juga kalau kita kerja susah payah tapi kita tidak bisa menikmatinya. Nah, dengan menyisihkan waktu melakukan apa yang kamu suka, kamu jadi punya work-life balance dan memiliki sesuatu yang kamu tunggu-tunggu kedatangannya–misalnya untuk menuntaskan hobimu sehabis pulang kerja.

5. Melepas stres

Menyisihkan waktu untuk diri sendiri itu ibarat seperti memencet tombol ‘reset’ pada otakmu. Pasalnya, setiap orang memang butuh waktu untuk rileks sesibuk apapun mereka. Coba deh, kamu istirahat dengan melakukan massage atau berendam air hangat. Dijami bisa mengalihkan pikiranmu dari hal-hal yang bikin stres sehingga kamu merasa fresh kembali. (PT Equityworld)