PT Equityworld | Investor Buru Aset “Safe-Haven”, Emas Melesat ke Level Tertinggi Sebulan

PT Equityworld

PT Equityworld | Harga emas melesat ke level tertinggi dalam sebulan, Senin pagi, karena melonjaknya infeksi virus korona memicu kekhawatiran penundaan pemulihan ekonomi global dan mendorong investor untuk mencari logam  safe-haven  itu.

Harga emas di pasar spot naik 0,4% menjadi USD1.749,54 per ounce pada pukul 07.30 WIB, setelah mencapai level tertinggi sejak 20 Mei, yakni USD1.751, demikian laporan  Reuters,  di Bengaluru, Senin (22/6). Emas berjangka Amerika Serikat menguat 0,6% menjadi USD1.763,80 per ounce.
Organisasi Kesehatan Dunia melaporkan rekor peningkatan dalam kasus virus korona global, Minggu, dengan total melejit 183.020 dalam periode 24 jam.

Pelaku pasar juga mencermati perkembangan di Hong Kong setelah pengumuman undang-undang keamanan yang baru untuk wilayah tersebut menunjukkan Beijing akan memiliki kekuatan menyeluruh atas penegakan hukum.
Emas digunakan sebagai investasi yang aman selama masa ketidakpastian politik dan keuangan.
Kasus virus korona yang mengalami peningkatan di Amerika Serikat memukul sentimen investor terhadap aset berisiko, mendorong saham berjangka AS lebih rendah di awal perdagangan Asia.

Jumat, Apple Inc mengatakan untuk sementara waktu akan menutup 11 toko di AS karena kasus coronavirus terus meningkat di negara bagian selatan dan barat.
SPDR Gold Trust, ETF emas terbesar di dunia, mengatakan kepemilikannya melonjak 2,03% menjadi 1.159,31 ton, Jumat, dari 1.136,22 ton pada sesi Kamis.
Spekulan meningkatkan posisi  bullish  mereka dalam kontrak emas dan perak COMEX pada pekan hingga 16 Juni, tutur Komisi Perdagangan Komoditas Berjangka ( CFTC ) Amerika, Jumat.
Di sisi fisik, permintaan emas merosot di hub utama Asia karena harga bangkit kembali pekan lalu, meski ada harapan bahwa pasar mungkin mulai pulih.
Harga logam lainnya, palladium turun 0,4% menjadi USD1.902,01 per ounce, sementara perak melesat 1% menjadi USD17,78 per ounce dan platinum naik 0,7% menjadi USD811,10 per ounce.