PT Equityworld | Jangan Diremehkan, Ini 6 Tanda Sebenarnya Kamu Kurang Tidur

pt equityworld

PT Equityworld | Semakin dewasa dan semakin tua, semakin banyak aktivitas yang terus kita lakukan setiap harinya, seakan-akan pekerjaan itu tidak selesai-selesai. Secara tidak sadar kita dituntut untuk bangun lebih cepat begitu pula tidur lebih telat.

Waktu tidur yang ideal adalah 8 jam sehari walaupun setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Apakah waktu tidur yang kamu peroleh sudah cukup? Jangan salah, mungkin kamu berpikir sudah pas namun sebenarnya tidak. Dilansir dari INSIDER, ini dia tanda-tanda kamu mengalami kurang tidur.

1. Kamu mudah tertidur

Menurut Dr. Dawn Dore-Stites, asisten profesor di Michigan Medicine dan anggota dewan Penasehat Tidur Reverie, jika kamu mudah tertidur baik itu saat nonton TV, di perjalanan dalam mobil, atau bahkan saat membaca sebentar, tandanya kamu sebenarnya butuh waktu tidur lebih.

Selain itu juga bisa disebabka faktor tambahan lainnya, seperti tubuh kamu kekurangan asupan oksigen, makan terlalu banyak apalagi makan makanan manis dan kurang aktifnya kelenjar tiroid yang mengubah bahan bakar menjadi energi.

2. Sukar berkonsentrasi

Menurut Dr. Steven E. Davis, pendiri dan direktur medis dari Breathe Clear Institute, kamu kurang tidur jika kamu kesulitan untuk berkonsentrasi, bahkan pada saat-saat yang dibutuhkan. Pemilik mata minus juga biasanya mudah merasa ngantuk karena mata kamu kelelahan saat melakukan hal-hal yang produktif yang mengakibatkan kamu sulit berkonsentrasi. Selain tidur yang cukup, kamu juga harus menyesuaikan mata minus kamu dengan kacamata yang tepat.

3. Durasi tidur kamu lebih lama dari yang seharusnya

Jika durasi tidur kamu lebih lama dari yang seharusnya, itu tandanya kamu memang kelelahan. Ini disebabkan pada hari biasanya, kamu memiliki durasi tidur yang pendek. Banyak orang juga menganggap tidur bisa ditabung. Jadi mereka tidur sedikit malam ini, dan berpikir bisa menggantinya dengan tidur yang lebih lama besok malam. Tetapi hal ini salah.

Riset menunjukkan, tidur selama 10 jam setelah tidak tidur sama sekali, hanya akan mendongkrak kesegaran tubuh pada awalnya saja. Setelah itu kamu akan drop. Jadi sesuaikan dan aturlah waktu tidurmu sebaik mungkin.

4. Tubuh kamu terasa pegal atau nyeri

Kegunaan tidur adalah untuk mengembalikan jaringan yang rusak juga untuk hormon pertumbuhan. Jika kamu kurang tidur, maka wajar jika ada bagian tubuhmu terasa sakit atau pegal.

Selain itu, hal ini juga bisa jadi pertanda kalau kamu dehidrasi. Begitu juga kurang olahraga, metabolisme tubuhmu menjadi kurang lancar sehingga tubuhmu juga merasa nyeri yang mengakibatkan tidur kamu tidak berkualitas.

5. Sulit mengontrol nafsu makan dan berat badan

Dr. Lisa Davis, kepala bagian gizi dari Terra’s Kitchen berkata bahwa dengan kurangnya tidur, maka hormon nafsu makan kamu akan meningkat sehingga kamu merasa mudah lapar. Nah, ini nih buat kamu yang sering makan tengah malam, apalagi makannya banyak. Jadi bagi kamu yang lagi proses diet, cukupin waktu tidur kamu agar tengah malam gak ngerasa lapar!

6. Kurang bersemangat dalam melakukan aktivitas yang biasa Kamu Lakukan

Pernah ngerasa energi kamu gak semaksimal biasanya? Bawaannya jadi males karena cepat capek? Itu tandanya kamu kurang tidur dan butuh waktu tidur lebih banyak. Biasanya ini terjadi pada para penderita insomnia.

Ingat, tidur digunakan untuk mengembalikan fungsi tubuh, memperbaiki sel-sel, dan meremajakan diri. Jika kamu kurang tidur, maka sistem pernapasan akan terhambat sehingga sering menyebabkan kelelahan dan kantuk. Mulailah belajar mendisiplinkan diri untuk tidur lebih awal di malam hari. (PT Equityworld)