PT Equityworld | Jangan sepelekan, 12 kondisi mata ini bisa jadi indikator kesehatanmu

PT Equityworld Futures 1017522

PT Equityworld | Dalam menjalani aktivitas sehari-hari, kamu sering kali melalaikan kesehatan. Salah satu bagian yang sering kamu lupakan adalah mata. Mata adalah salah satu panca indera yang berperan penting dalam melancarkan kesibukanmu.

Nggak kebayang kan gimana jadinya kalau mata sering sakit dan tak bisa maksimal dalam melihat? Akan tetapi banyak di antara kita yang cenderung mengabaikan masalah mata. Padahal dari kondisi mata ini kamu bakal tahu kondisi kesehatanmu lho.

1. Muncul titik putih di kornea mata.

Pada bagian kornea mata muncul titik putih. Hal tersebut merupakan pertanda adanya infeksi di bagian kandung kemih.

2. Muncul lingkaran putih di sekeliling iris mata.

Adanya lingkaran putih di sekeliling iris mata ini kerap ditemui oleh manusia lanjut usia. Akan tetapi ada pula mata orang yang muncul seperti itu. Ternyata adanya lingkaran tersebut jadi penanda kadar kolesterol dalam tubuhmu tinggi. Gejala tersebut bisa jadi penanda kamu memiliki risiko terserang penyakit jantung atau stroke. Wah, kudu waspada, nih!

3. Mata merah.

Mata merah sering dijadikan efek dari kurang tidur atau kelelahan. Hal tersebut benar adanya. Hanya saja, jika mata kamu merah dengan sendirinya tanpa alasan tertentu, bisa jadi kamu mengalami peningkatan tekanan intraokular (glaukoma), tekanan intrakranial tinggi, dan diabetes.

4. Mata kering.

Kamu kerap merasa mata pedas dan kering hingga akhirnya mengucek mata. Wah, ini tandanya kamu terindikasi sindrom Sjogren, sindrom yang menunjukkan kelainan sistem kekebalan tubuh langka.

5. Melihat bintik-bintik tak berwarna di depan mata.

Kondisi yang disebut retinal tear atau retinal detachment ini terjadi saat dalam pandangan mata seseorang seperti ada yang mengambang saat melihat langit yang cerah, salju yang putihnya menyilaukan, atau dinding putih yang terang. Retinal detachment adalah suatu pemisahan retina dari kaitannya pada jaringan di bawahnya di dalam mata. Hal ini disebabkan terjadikan keretakan pada retina (retinal break), lubang, atau robekan.

6. Mata membengkak.

Mata bengkak ini bisa jadi penanda tubuhmu kecapaian dan kurang tidur. Kamu butuh tidur dan istirahat lebih banyak agar tubuhmu kembali sehat dan bugar.

7. Bintik kuning di area mata.

Mata kamu memuncul bintik kuning atau disebut dengan pinguecula. Pinguela sendiri sering berupa benjolan. Kemunculan bintik kuning di area mata ini disebabkan karena adanya paparan sinar UV. Mata mengalami iritasi sehingga memunculkan adanya bintik kuning atau benjolan di mata. Bintik tersebut tidak berbahaya tapi mampu menjadi penanda kalau kamu terlalu terpapar sinar matahari.

8. Mengeluarkan air mata tanpa disadari.

Ketika matamu meneteskan air mata dengan sendirinya, hal tersebut bisa jadi pertanda bahwa mata kering. Biasanya dialami ketika kamu terlalu lama terpapar sinar seperti komputer, TV, maupun smartphone. Terlihat sepele, namun sebenarnya hal tersebut merupakan gejala kelumpuhan saraf. Tak hanya karena kebiasaan, infeksi virus juga bisa menjadi penyebab adanya air mata keluar.

9. Melihat titik kecil gelap di belakang garis.

Ketika kamu melihat titik-titik saat memandang hamparan luas. Hal tersebut merupakan gejala dari adanya sirkulasi otak yang buruk. Kemunculan titik-titik kecil yang kerap muncul dan menghilang ini menandakan rusaknya humor vitreous. Penyebab paling umum terjadi pada usia lanjut. Tak hanya itu, biasanya penglihatan demikian juga rentan dialami oleh orang pengidap diabetes atau jantung.

10. Objek benda terlihat ada dan tidak ada dalam waktu dekat.

Kamu pernah melihat benda ada di depanmu. Namun dalam sekejap, benda tersebut muncul kembali. Ini bukan sulap, ya! Kalau kamu mendapati kejadian tersebut, bisa jadi kamu mengalami gangguan peredaran otak. Orang umum biasa mengenalnya dengan gejala migrain yang biasanya disertai dengan pusing atau sakit kepala.

11. Pandangan buram.

Memiliki pandangan buram bukan semata memiliki penyakit rabun jauh atau dekat. Kemampuan mata yang berkurang dalam melihat bisa jadi penanda kamu mengidap diabetes. Tak cuma itu, bisa jadi kamu menderita katarak.

12. Mata berwarna kuning.

Mata dengan kesehatan normal akan berwarna putih. Sementara jika kamu mendapati mata berwarna kuning itu pertanda terjadi kerusakan pada hati. Bisa jadi itu pertanda kamu mengalami hepatitis, lho.

PT Equityworld