PT Equityworld | Jika 5 Bau Ini Keluar dari Badanmu, Berarti Kamu Perlu Waspada

pt equityworld

PT Equityworld | Bau badan memang salah satu masalah yang dialami banyak orang dalam kehidupan sehari-hari. Namun tahukah kamu, kalau sebenarnya munculnya bau badan itu mengindikasikan ada permasalahan kesehatan dalam tubuhmu?

Menurut studi yang dilakukan oleh Swedish Research Council, beberapa penyakit menghasilkan bau badan yang unik sehingga mudah dideteksi sebelum terlambat. Berikut lima bau badan yang bisa jadi adalah tanda dari masalah yang ada pada kesehatan kalian.

1. Aroma nafasmu berbau buah? Bisa jadi itu adalah awal dari diabetes.

Diabetes ketoacidosis (DKA) muncul ketika tubuh tidak dapat membuat energi yang dibutuhkan, sehingga dia mulai memecah asam lemak sebagai bahan bakar.  Hal ini membuat darah menghasilkan keton dan meninggalkan aroma atau bau buah ketika bernafas. DKA efeknya bisa serius bahkan mematikan. Gejalanya meliputi muntah dan sering buang air kecil, sehingga menyebabkan tubuh banyak kehilangan cairan.

Jika kamu menemukan aroma buah pada saat bernafas serta mengalami gejala-gejala utama yang disertai dengan kelelahan, mulut kering, kesulitan bernafas atau sakit perut, segera hubungi dokter untuk mendapatkan pertolongan. Biasanya dokter akan memberikan pengobatan insulin agar kadar gula kembali normal.

2. Jangan abaikan bau kaki, bisa jadi jamur sedang tumbuh di sana.

Sepatumu beraroma tak enak? Tentu infeksi jamur yang menjadi dugaan pertama. Namun jika bau tersebut diikuti dengan kaki kalian yang kering, bersisik, kemerahan serta lecet, hal ini sudah lain ceritanya. Kondisi seperti itu berarti menunjukkan kalau bakteri dan jamur sedang berkembang untuk menginfeksi kulit kaki. Hal ini akan semakin parah jika sepatumu lembab. Hindari penyakit ini dengan cara menggunakan bedak pada kaki, untuk menjaga kaki agar tetap kering.

3. Separah apa bau kotoranmu, bisa jadi itu gejala intoleransi laktosa.

Ketika usus kecil tidak menghasilkan enzim laktase untuk mencerna laktosa, maka akan menyebabkan tinja berbau busuk, kembung dan bau kentut. Intoleransi laktosa cukup umum dialami oleh kebanyakan orang. Diperkirakan sekitar 65% orang mengalami kesulitan mencerna susu. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya kalian berkonsultasi dengan dokter sehingga dokter akan menyarankan berapa banyak asupan laktosa yang bisa kalian konsumsi setiap harinya.

4. Urin yang bau bisa jadi menunjukkan gejala infeksi saluran kemih.

Infeksi saluran kemih dapat menghasilkan bau urin yang menyengat. Hal ini terjadi karena bakteri E.Coli memasuki saluran kemih dan utera. Kemudian berkembang biak di kandung kemih sehingga menyebabkan infeksi. Infeksi saluran kemih sering terjadi pada wanita karena uretra pada wanita pendek. Jika kalian merasa urin kalian bau, segera periksakan ke dokter untuk mengetahui apa yang terjadi.

5. Jangan merasa normal kalau mulut bau saat bangun tidur, karena bisa jadi itu gejala tidur apnea.

Jika bau nafasmu menyengat meski sudah rajin menggosok gigi, kemungkinan itu adalah gejala tidur apnea. Tidur apnea (sleep apnea) dapat menyebabkan mendengkur secara berlebihan dan bernafas melalui mulut ketika tidur. Kondisi ini menyebabkan mulut terasa kering sehingga menyebabkan bau mulut. Hal ini memungkinkan bakteri berkembangbiak dengan mudah sehingga menghasilkan bau mulut. Kondisi tidur seperti ini berkaitan dengan diabetes, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. (PT Equityworld)