PT Equityworld | Mencintai Diri Sendiri, Sesederhana Melakukan Hal-hal Ini

PT Equityworld | Terkadang mencintai orang lain lebih mudah dilakukan daripada mencintai diri sendiri. Ada aja hal-hal yang membuatmu merasa tidak puas terhadap diri, seperti bentuk tubuh yang menurutmu kurang ideal sampai target dalam hidup yang belum tercapai. Hal tersebut membuatmu terlalu sibuk sehingga kerap lupa meluangkan sejenak waktu untuk dirimu.

Padahal mencintai diri sendiri merupakan hal yang perlu kamu lakukan. Dirimu juga punya hak untuk mendapatkan perhatian. Mencintai diri sendiri dapat dilakukan dengan dua tahapan. Yang pertama, kamu harus berpikir positif terhadap dirimu dan yakin bahwa dirimu layak untuk mendapatkan yang terbaik. Yang kedua adalah melakukan tindakan yang bisa menunjukkan bahwa kamu mencintai dirimu. Dikutip dari hipwee.com

1. Berhenti menyalahkan diri sendiri atas kesalahan yang pernah kamu buat. Karena kamu juga manusia biasa yang nggak sempurna

Apabila kamu melakukan kesalahan, seringkali kamu menyalahkan diri karena menjadi penyebabnya. Padahal hal itu nggak perlu kamu lakukan, karena setiap manusia itu pasti pernah melakukan kesalahan. Menyesali diri akibat kesalahan yang terjadi nggak akan membuatmu merasa lebih baik. Yang ada kamu justru merasa semakin terpuruk. Coba untuk menerima apa yang terjadi. Siapa tahu ada maksud lain di balik kesalahan yang terjadi itu.

2. Atas apa yang kamu miliki sekarang, sudah sepatutnya kamu bersyukur. Nggak semua orang seberuntung dirimu

Sebagai manusia, rasa iri memang sering terjadi. Melihat orang lain yang lebih daripada diri sendiri akan membuatmu selalu merasa kurang dan kurang. Alhasil kamu berusaha keras agar bisa mencapai seperti yang lain dan mengesampingkan diri. Ungkapan syukur pun kadang kamu tinggalkan karena terlalu sibuk mengejar. Padahal mengucap rasa syukur atas apa yang kamu miliki sekarang bisa mengisi kekurangan dalam dirimu. Mengucap syukur juga bisa membuatmu memahami bahwa nggak semua orang seberuntung dirimu saat ini.

3. Jangan melupakan masa lalumu, tapi nggak baik juga terlalu terpaku. Gunakan masa lalu sebagai pembelajaran untuk menjalani hidupmu

Mencintai diri sendiri bisa kamu mulai dari dalam lubuk hati serta pikiran. Kamu bisa mencintai diri sendiri dengan kembali menggali masa lalumu. Baik masa lalu yang menyenangkan atau bahkan masa lalu yang nggak mengenakkan, nggak semuanya harus kamu lupakan. Dari sana kamu bisa mengambil beberapa pelajaran berharga dan menerapkannya untuk menjalani kehidupanmu sekarang.

4. Apapun yang terjadi, tersenyum itu perlu. Dengan tersenyum kamu bisa mendapatkan energi positif yang tersimpan dalam diri

Saat kamu selalu merasa ada yang kurang, salah satu cara agar kamu bisa kembali percaya diri adalah dengan tersenyum. Tersenyum untuk diri sendiri juga bisa kamu lakukan sebagai salah satu cara untuk mencintai diri sendiri. Walaupun nggak perlu sering-sering juga. Kamu bisa melakukannya saat akan mengawali hari. Dari senyum itu, kamu bisa mendapatkan energi positif yang tersimpan dari dalam diri. Siapa lagi yang akan memberikanmu senyuman tulus di pagi hari selain dirimu sendiri?

5. Karena sehat itu mahal harganya, menjaga pola makan dan rajin berolahraga juga termasuk salah satunya

Kadang karena kamu sibuknya kebangetan, olahraga sering kamu abaikan. Jangankan olahraga, mengatur pola hidup sehat pun kamu masih sulit untuk melakukannya. Padahal dengan kedua hal tersebut, kamu bisa mengungkapkan rasa cinta secara fisik pada dirimu. Apabila masih sulit melakukan keduanya, kamu bisa mencoba salah satunya lebih dulu.

6. Menyiapkan waktu khusus untuk me-time bisa kamu jadikan pilihan. Dari sana kamu bisa melakukan kegiatan favoritmu yang menyenangkan

Menyelesaikan pekerjaan memang wajib kamu lakukan, tapi menyiapkan waktu untuk dirimu sendiri juga jangan sampai dilupakan. Me-time sesekali perlu kamu lakukan, seperti pergi ke salon, nonton konser atau film di bioskop, bahkan tiduran di rumah selama seharian bisa kamu jadikan pilihan. Menyiapkan me-time selain bisa kamu digunakan untuk menyegarkan pikiran, bisa juga sebagai reward atas dirimu sendiri setelah melakukan banyak hal selama ini.

7. Menemukan seseorang yang mampu membuatmu bahagia juga perlu kamu lakukan. Dari sana kamu bisa memenuhi hak diri untuk mendapatkan kasih sayang

Selain cinta dari diri sendiri, dirimu juga berhak mendapatkan cinta dari luar. Mencari pasangan yang bisa membahagiakan adalah satu di antara banyak pilihan. Cinta dari pasangan nantinya akan mengimbangi cinta dari dalam dirimu. Dari dia yang nantinya mampu membuatmu bahagia, kamu bisa mendapatkan rasa percaya diri.

Mencintai diri sendiri nggak ada salahnya. Kamu malah perlu menyiapkan waktu khusus untuk melakukannya. Kamu juga nggak perlu mengeluarkan banyak biaya karena dengan hal-hal sederhana di atas, kamu bisa mencurahkan rasa cinta pada diri sendiri. (PT Equityworld)

Save