PT Equityworld | Pemutar Kejutan Ulang Tahun Google Suguhkan 19 Kegembiraan

PT Equityworld Futures 1017507

PT Equityworld | Google merayakan ulang tahunnya yang ke-19, Rabu, 27 September 2017 ini. Memasuki usia yang semakin dewasa bagi perusahaan raksasa ini dirayakan dengan semarak melalui google doodle yang tidak biasa, yakni spin wheel atau roda hadiah yang mereka sebut sebagai Pemutar Kejutan Ulang Tahun Google!

Dalam doodlenya kali ini, Google memberikan gambar spin wheel yang dapat diputar oleh para penjelajah internet. Terdapat 19 kejutan berbeda yang dapat ditemukan dalam spin wheel tersebut. Adapun jumlah 19 kejutan tersebut merepresentasikan usia Google, dan merupakan hal-hal yang pernah diluncurkan Google dalam aplikasi mereka selama 19 tahun terakhir.

Apa saja 19 kejutan yang diberikan Google dalam hari ulang tahunnya itu?

1. Snack Game

Anda tentu tidak asing dengan permainan ular klasik yang satu ini. Permainan legendaris ini sangat tersohor pada masanya dan bisa ditemukan dalam aplikasi game di ponsel monokrom.

Snack game versi Google tidak jauh berbeda dengan permainan ular klasik tersebut. Ular berwarna biru berukuran kecil harus kita arahkan dengan menggunakan panah atas, bawah, kanan, dan kiri yang ada di keyboard. Ular harus memakan buah-buahan yang ada pada layar, untuk membuatnya semakin panjang. Hati-hati, jangan sampai ular menabrak dinding atau menabrak bagian tubuhnya sendiri karena itu berarti game over.

2. Suara binatang

Ya, Google menyuguhkan berbagai suara binatang lengkap dengan gambarnya. Mulai dari binatang-binatang yang biasa kita temui, hingga binatang yang bahkan mungkin belum pernah Anda tahu seperti apa suaranya.

Mulai dari suara burung hantu, sapi, ayam jantan, anjing, kucing, hingga suara paus bungkuk dan paus kepala busur. Ada sekitar 11 suara binatang yang bisa kita eksplor di setiap putaran. Namun Anda akan menemukan jenis binatang yang berbeda, jika Anda mencoba memutar kembali Pemutar Kejutan Ulang Tahun Google. Ini akan sangat menyenangkan bagi anak-anak untuk belajar mengenai suara binatang.

3. Pangolin Love, Valentine Games

Pangolin Love adalah Google doodle yang dikeluarkan khusus untuk edisi Valentine, Februari 2017 lalu. Selama empat hari berturut-turut, 11-14 Februari 2017 lalu Google mengeluarkan doodle bertemakan Pangoline Love yang merupakan sebuah game yang dapat dimainkan.

Teknis game Pangolin Love mirip seperti dunia Mario Bros atau Sonic the Hedgehog. Di setiap serinya (seri 1-4) Permainan tidak berhenti hanya dalam satu babak, namun terdapat beberapa episode yang bisa diselesaikan. Akhir cerita dari empat seri permainan Pangolin Love adalah, Pangolin akan bertemu dengan kekasihnya dan mereka pun kemudian hidup bahagia selamanya.

Hewan pangolin menjadi karakter utama game tersebut bukan tanpa alasan. Pangolin merupakan spesies trenggiling, yang merupakan mamalia bersisik di dunia. Mamalia ini menghadapi ancaman karena diperdagangkan, diselundupkan secara ilegal, dan diburu.

Permainan Pangolin Love bukan hanya berbicara mengenai Valentine Days, namun lebih jauh lagi mendorong kesadaran akan pentingnya melestarikan mamalia tersebut. Untuk Anda yang merindukan permainan ini, Anda bisa memaikan permainan Pangolin Love sepuasnya selama hari ulang tahun Google.

4. Latihan Pernapasan

Dengan layar berwarna biru, dan sebuah titik berwarna putih, Google mengajak kita untuk melatih pernapasan. Dalam waktu satu menit, kita diajak untuk menarik napas dan mengembuskannya secara teratur setiap lima detik sekali.

Melatih pernapasan memberikan dampak yang positif bagi tubuh. Salah satunya adalah membuat tubuh menjadi lebih rilaks. Hal ini yang ini Google sampaikan, agar netizen menyadari pentingnya untuk melatih pernapasan. Jadi, ayo mulai tarik napas, dan jangan lupa embuskan pelan-pelan. Lakukan ini secara teratur selama satu menit setiap harinya.

5. Arpeggio

Arpeggio adalah sebuah teknik permainan alat musik gitar atau harpa. Arpeggio yang berasal dari bahasa Italia arpeggiare ini adalah memainkan nada-nada dalam sebuah kunci satu per satu, sesuai dengan kunci nada tertentu. Tidak mudah tentunya untuk mempelajari Arpeggio. Namun dengan Google doodle yang ada dalam Pemutar Kejutan Ulang Tahun Google, Anda bisa mempelajari Arpeggio.

Terdapat sejumlah pengaturan yang bisa Anda lakukan. Mulai dari alat musik yang ingin anda mainkan apakah gitar atau harpa. Kemudian chord yang akan Anda mainkan, hingga kecepatan petikan kunci nada. Bahkan Anda yang tidak bisa memainkan gitar sekalipun, akan bisa menikmati bermain Arpeggio!

6. Tic Tac Toe

Permainan klasik lainnya yang bisa anda mainkan dalam Pemutar Kejutan Ulang Tahun Google, adalah Tic Tac Toe. Permainan yang juga kerap disebut permainan bulat dan silang ini adalah permainan klasik yang tidak ada matinya. Dalam kotak 3×3, Anda melawan komputer harus saling adu cepat untuk mendapatkan 3 kotak secara berurutan dengan gambar bulat ataupun silang.

7. ICC Champions Trophy

Google meluncurkan permainan ICC Champions Trophy pada Google edisi  1 Juni 2017. Permainan ini menyambut perhelatan kejuaraan dunia kriket International Cricket Council Champions Trophy yang berlangsung pada 1-18 Juni 2017.

Permainan ICC Champions Trophy dalam Google doodle sangat sederhana. Seekor jangkrik, yang dalam bahasa Inggris adalah cricket, menjadi tokoh sentral dalam permainan ini. Anda harus membantu jangkrik memukul bola yang dilemparkan oleh siput. Setiap pukulan akan mendapatkan poin, yang jumlahnya tergantung sejauh mana pukulan bola tersebut mencapainya. Poin tertinggi adalah 6, untuk pukulan home run atau jauh hingga ke luar lapangan.

8. Pac-Man Doodle

Pac Man Doodle diluncurkan pada 21 Mei 2010. Tidak ada yang berbeda dengan permainan pac-man pada umumnya, hanya saja area permainan pac-man berbentuk tulisan khas Google. Pac-Man Doodle diluncurkan kala itu untuk memperingati ulang tahun ke-30 Pac Man. Pada edisi khusus ulang tahun ke-19 Google ini, kita bisa bernostalgia kembali dengan Pac-Man Doodle.

9. Earth Day Trivia Quiz

Pada peringatan hari bumi, 22 April 2017 lalu Google Doodle mengeluarkan Kuis Trivia Hari Bumi. Sama seperti kuis-kuis trivia pada umumnya, dalam Earth Day Trivia Quiz Google Doodle kita diminta untuk menjawab sejumlah pertanyaan yang kurang penting. Seperti misalnya, apa yang biasa kamu lakukan di Jumat malam? menyendiri, jarang keluar, unjuk gigi, atau jadi pengikut?

Atau pertanyaan seperti jika bertemu teman yang menggunakan pakaian yang sama dalam pesta, apa reaksimu?

Setelah menjawab sejumlah pertanyaan tersebut, di akhir kuis Anda akan mendapatkan kesimpulan kepribadianmu dari jawaban yang sudah Anda lontarkan. Jangan kaget kalau ternyata kesimpulan yang didapat, Anda sebenarnya adalah cumi-cumi raksasa!

10. Pony Express

Game klasik lainnya yang bisa ditemukan dalam Pemutar Kejutan Ulang Tahun Google, adalah Pony Express! Game doodle ini diluncurkan pada 14 April 2015 silam, untuk memperingati ulang tahun ke-155 Pony Express. Pony Express adalah servis pengiriman surat, pesan, dan koran yang dibangun mulai tahun 1859. Adapun pada 1860, setidaknya terdapat 157 stasiun Pony Express, dan mengerahkan 400 kuda untuk membantu proses pengiriman. Sistem pengiriman dilakukan dengan mengendarai kuda, yang diganti dengan kuda lainnya yang lebih segar kondisinya saat transit di stasiun.

Servis pengiriman ini menjadi yang tercepat di masanya, sebelum akhirnya lahir teknologi telegraf.

Dalam permainan Pony Express doodle, kita harus membantu pengendara kuda pony untuk mengambil surat-surat yang ada di sepanjang jalur. Hati-hati, Anda harus menghindari pohon kaktus dan bebatuan! Jika menabrak salah satunya, Anda akan kehilangan tiga dari surat-surat yang sudah anda kumpulkan.

11. Bantu Beethoven

Ada saja cara unik Google untuk memperingati hari ulang tahun tokoh-tokoh besar dunia. Salah satunya adalah ketika Google memperingati ulang tahun beethoven ke-245, pada 17 Desember 2015 lalu. Google membuat permainan doodle yang menggemaskan secara animasi, namun juga membuat Anda akan berpikir keras mengingat kembali note-note lagu Beethoven yang legendaris.

Dalam permainan doodle ini, Anda harus menyusun puzzle partitur milik Beethoven. Awalnya partitur tersebut sobek karena dimakan kuda. Kemudian di level berikutnya, partitur kembali berserakan karena Beethoven terjatuh sehingga partiturnya terkoyak-koyak menyangkut di atas pohon. Jika Anda belum pernah memainkan games ini, Anda akan sangat menikmati doodle ini lebih dari apapun.

12. Perangi Cabai

Permainan menggemaskan lainnya diluncurkan doodle pada 21 Januari 2016 lalu. Pada doodlenya kala itu, Google memperingati ulang tahun apoteker Wilbur Scoville yang ke-151. Scoville adalah apoteker asal Amerika Serikat yang menciptakan Skala Scoville, atau skala kepedasan dalam jenis cabai-cabaian.

Dalam permainan doodle yang dibuat Google, Anda harus membantu Scoville melawan rasa pedas cabai dengan melemparkan es krim. Mudah? tingkat kesulitannya semakin tinggi tergantung dengan jenis cabai apa yang anda hadapi. Jika gagal membekukan cabai dengan es, Scoville akan kepedasan dengan muka memerah dan artinya permainan berakhir.

13. Bermain Turntable

Pernah mencoba bermain Turntable, dan merasakan sensasi menjadi seorang disc jockey alias DJ? Anda bisa mencobanya dalam Pemutar Kejutan Ulang Tahun Google. Pada 11 Agustus 2017, Google meluncurkan doodle turntable untuk memperingati ulang tahun ke-44 kelahiran hip hop. Dalam doodle ini, Anda dapat bermain turtable yang biasa dimainkan seorang DJ. Dua buah piringan hitam bisa Anda mainkan untuk memodifikasi, meracik, dan menciptakan lagu. Jangan lupa, bersenang-senanglah menikmati lagu yang Anda mainkan.

14. Bermusik ala Oskar Fischinger

“Musik tidak hanya berupa suara. Dalam dunia visual, musik hadir dalam bentuknya sendiri.” Kalimat Oskar Fischinger tersebut menjadi inspirasi Google saat meluncurkan doodlenya pada 22 Juni 2017 lalu. Google memperingati ulang tahun ke-117 Oskar Fischinger dengan mengajak netizen untuk membuat musik ala Oskar.

Oskar dikenal karena kemampuannya menggabungkan visual abstrak dengan musik. Dalam membuat animasi, Oskar bisa menghabiskan waktu yang lama bahkan bertahun-tahun untuk menyusun gerak dan warna. Anda ingin belajar bermusik ala Oskar Fischinger, cobalah putar Pemutar Kejutan Ulang Tahun Google. Siapa tahu Anda beruntung menemukan doodle bermusik ala Oskar.

15. Halloween Cat Game

Game ciamik lainnya yang pernah diluncurkan Google Doodle adalah saat perayaan Halooween pada Oktober 2016 lalu. Google meluncurkan permainan dengan karakter kucing hitam penyihir yang harus membasmi hantu-hantu dengan ayunan tongkatnya. Permainan ini bisa kembali kamu nikmati dengan memutar Pemutar Kejutan Ulang Tahun Google!

16. Bermain Pinata

Bermain pinata sangat menyenangkan dan menyebarkan virus kebahagiaan. Hal ini sepertinya yang membuat Google memasukan doodle ulang tahun mereka yang ke-15, pada Pemutar Kejutan Ulang Tahun Google di ulang tahunnya yang ke-19. Google merayakan ulang tahunnya yang ke-15 pada 27 September 2013 silam. Doodle kala itu sangat sederhana yakni permainan memukul pinata oleh karakter huruf Google.

17. Ekspedisi Pemetaan Modern

Dalam Pemutar Kejutan Ulang Tahun Google, Anda juga dapat menemukan Ekspedisi pemetaan Modern yang dilakukan Google. Ekspedisi ini dilakukan atas kerja sama Charles Darwin Foundation untuk Kepulauan Galapagos, Direktorat Taman Nasional Galapagos, Google Earth Outreach, dan Catlin Seaview Survey.

Dalam ekspedisi ini, ilmuwan dan peneliti menggunakan citra Street View untuk mempelajari daratan, pesisir, dan laut kepulauan Galapagos. Adapun diketahui Galapagos adalah rumah bagi ratusan spesies margasatwa endemis, yang tidak ditemukan di tempat lain di bumi. Selain bisa melihat apa saja yang ada di Galapagos, juga ditampilkan citra 360 derajat.

18. Bermain Solitaire

Siapa yang tidak mengenal solitaire? Permainan klasik yang tentu semua orang pernah mainkan di komputer mereka. Seperti apa bermain soliter ala google doodle? putar Pemutar Kejutan Ulang Tahun Google dan temukan perbedaannya.

19. Belajar bersama Clara Rockmore

Clara Rockmore adalah pemain violin klasik yang legendaris. Google memperingati ulang tahun ke-105 Clara, pada 9 Maret 2016 lalu. Sama seperti permainan doodle yang dibuat untuk memperingati tokoh legendaris lainnya, Google membuat doodle untuk belajar violin ala Clara Rockmore dengan cara yang menyenangkan. (PT Equityworld)

Save