PT Equityworld | Senat Bersepakat Hentikan Shutdown Bawa Wall Street Menguat

pt equityworld

PT Equityworld | Wall Street menguat usai Senator Amerika Serikat (AS) berhasil mencapai kesepakatan perihal anggaran yang mengakhiri penutupan pemerintahan yang terjadi beberapa hari terakhir.

Melansir laman Reuters, Dow Jones Industrial Average menguat 142,88 poin atau 0,55 persen menjadi 26.214,6. Sementara S&P 500 naik 22,67 poin atau 0,81 persen menjadi 2.832,97 dan Nasdaq Composite bertambah 71,65 poin atau 0,98 persen menjadi 7.408,03.

Bursa saham AS menguat usai perundang-undangan dana federal mampu menghilangkan masalah prosedural di Senat, yang diharapkan membuat senat dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat memberikan suaranya. Hal ini memungkinkan pemerintah untuk membuka kembali pemerintahan pada 8 Februari.

“Anda akan berpikir hal seperti ancaman pemadaman pemerintah atau penghentian sementara pemerintah akan menjadi katalisator untuk mengeluarkan beberapa pemegang saham yang lemah dari pasar,” kata Eric Marshall, Manajer Portofolio dan Direktur Penelitian Hodges Capital Management di Dallas, Texas.

Dia mengatakan hal ini belum terjadi. “Ada kekuatan mendasar dari apa yang kita lihat saat ini di pasar ekuitas,” dia menambahkan.

Di sisi lain, pasar dipengaruhi pertumbuhan pendapatan perusahaan yang diprediksi mencapai 12,4 persen pada kuartal ini, menurut data Thomson Reuters.

Dari 55 perusahaan pada indeks S&P 500 yang telah melaporkan pendapatan hingga Senin pagi, 80 persen telah melampaui ekspektasi. Ini jauh di atas tingkat kenaikan 72 persen selama empat kuartal terakhir.

Terlihat seperti pada saham Halliburton Co (HAL.N) yang naik 6,40 persen, setelah membukukan laba kuartalan yang jauh lebih besar dari perkiraan pada kuartal keempat. Saham perusahaan mendapat keuntungan dari lonjakan produksi minyak AS.

Adapun indeks biotek Nasdaq naik 3,15 persen untuk mencatat hari terbaiknya sejak 21 Juni setelah kesibukan aktivitas merger di sektor ini, yang dilakukan produsen obat Prancis Sanofi (SASY.PA) dan Celergene (CELG.O) yang berbasis di AS yang berhasil mencapai nilai total lebih dari US$ 20 miliar.

Kemudian saham Bioverativ (BIVV.O) melonjak 61,89 persen setelah Sanofi setuju untuk membeli perusahaan tersebut seharga US$ 11,6 miliar.

Saham Netflix Inc (NFLX.O), turut menjadi penyumbang utama laju saham baru-baru ini, ditutup naik 3,23 persen menjelang hasil kuartalan dan menambah kenaikan dalam perdagangan diperpanjang setelah angka kuartalan dirilis.

Memajukan isu kalah jumlah yang menurun di NYSE dengan rasio 1.70-ke-1; di Nasdaq, rasio 1.38-ke-1 disukai advancers.

Pada penutupan perdagangan kali ini, volume mencapai 6,56 miliar saham, di atas rata-rata 6,34 miliar untuk sesi penuh selama 20 hari perdagangan terakhir.

PT Equityworld