PT Equityworld | Smokers, Ini 7 Langkah Buat Kamu yang Berniat untuk Berhenti Merokok!

pt equityworld

PT Equityworld | Menurut Departemen Kesehatan Nasional Pemerintah Inggris, rata-rata perokok membutuhkan lebih dari 5.000 batang rokok per tahun, yang berarti bahwa mereka harus mengeluarkan banyak uang untuk membelinya. Krisis ekonomi dan kedatangan rokok elektrik telah mempermudah dan penting bagi banyak orang yang ingin berhenti merokok.

Namun, rokok elektrik belum terbukti membantu perokok berhenti merokok untuk selamanya dan akhirnya membuat mereka kecanduan vaping. Oleh karena itu, perokok harus beralih ke pilihan dan solusi lain yang jauh lebih sehat, tetapi membutuhkan kemauan keras yang besar. Untuk memulainya, cobalah dengan mengikuti 7 langkah di bawah ini!

1. Atur tanggal dan bersiaplah karena hal ini akan sulit

Sebuah studi telah membandingkan kalau berhenti merokok secara tiba-tiba ataupun perlahan-lahan tidak berbeda dan tidak ada yang lebih efektif daripada yang lain. Ini berarti kamu harus dapat memilih metode berdasarkan apa yang menurutmu akan bekerja paling baik.

Dalam kedua kasus, kamu harus siap menghadapi kesulitan. Di tanggal yang telah kamu pilih, putuskan metode yang akan kamu ikuti dan buang rokokmu.

2. Atur pola makanmu

Menurut sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2012, orang yang makan buah dan sayuran 4 kali atau lebih per hari, memiliki kemungkinan 3 kali lebih besar untuk mengurangi merokok mereka daripada orang yang makan makanan ini kurang dari 2 kali per hari. Efek dari kebiasaan ini berlangsung hingga 14 bulan.

Studi ini juga menunjukkan bahwa makanan tertentu seperti susu, buah-buahan, dan sayuran semuanya membuat rasa rokok lebih buruk sehingga kamu tidak banyak mengidam. Ini juga berarti kamu harus menghindari makanan pemicu seperti makanan rendah kalori, alkohol, dan kopi.

3. Mencoba terapi (individual maupun kelompok)

Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa sebagian besar perokok tidak dapat berhenti merokok karena ketergantungan nikotin dan tekanan psikologis karena mereka memperlakukan merokok sebagai pereda ketegangan. Disinilah terapi bekerja, agar kamu bisa terbiasa untuk menjauh dari rokok.

4. Katakan tidak pada kopi dan alkohol untuk beberapa bulan

Di satu sisi, kafein dapat meningkatkan tingkat kecemasan dan membuatmu merasa gelisah, dimana keduanya merupakan pemicu nicotine withdrawal. Di sisi lain, alkohol melemaskan otot-otot otakmu dan dapat membuatmu lupa semua alasan yang membuatmu ingin berhenti merokok pada awalnya.

5.Jalan-jalan atau cari aktivitas lain ketika kamu merasa ingin merokok

Pusat Kecanduan dan Kesehatan Mental US menekankan fakta bahwa orang yang merokok energinya telah berkurang dan kurang dari keinginan untuk berolahraga karena fungsi paru mereka menurun. Mengurangi kebiasaan merokok secara bertahap akan meningkatkan kebutuhan akan olahraga.

Menurut Van Rensburg dan Hodgson, hal tersebut akan mengurangi keinginan untuk merokok dan mengurangi keinginan dan gejala withdrawal. Selain itu, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada 2007, aktivitas fisik dapat membantu mengurangi depresi, stres, pola tidur yang tidak teratur dan fungsi kognitif, yang sebagian besar adalah gejala umum Dari dampak berhenti merokok.

6. Simpan permen karet atau camilan sehat di tas mu setiap saat

Menurut American Dietetic Association, perokok memperoleh sekitar 4-10 pon (1,8-4,5 kg) berat badan setelah mereka berhenti merokok. Ini terjadi karena mereka merasa perlu mengunyah sesuatu karena mereka tidak bisa merokok. Apa yang disarankan oleh asosiasi adalah membawa camilan sehat atau permen karet setiap saat.

Permen karet akan membuat mulutmu sibuk dan keinginanmu terkendali. Kalau tidak berhasil, kamu dapat membawa beberapa camilan sehat, seperti almond atau buah dan makan dalam porsi kecil saat kamu merasa ingin merokok. Kamu juga bisa minum minuman bebas gula atau secangkir teh sebagai gantinya.

7. Hindari berada di dekat perokok dan cobalah untuk tetap sibuk

Organisasi Kanker Amerika menyarankan agar kamu menjauh dari orang-orang dan tempat-tempat yang kamu kaitkan dengan merokok karena mereka sangat mungkin untuk memicu gejalamu kambuh.

Kamu harus memberi tahu orang-orang bahwa kamu telah berhenti merokok dan menemui mereka di tempat-tempat yang tidak mengingatkanmu tentang hal itu. Mengambil hobi baru akan menciptakan kebiasaan baru dan sehat di lingkungan bebas rokok. Tempat-tempat ini akan aman dan akan memberimu kekuatan yang kamu butuhkan untuk menghadapi setiap godaan yang mungkin terjadi.

Sangat sulit untuk berhenti merokok dan hampir setiap perokok mengetahui hal ini. Tidak ada metode yang dijamin untuk bekerja pada semua orang dan itu semua tergantung pada individu. Karena itu jangan lupa untuk meminta dukungan dari keluargamu agar kamu bisa bertahan melewati semua godaan. (PT Equityworld)