PT Equityworld | Waduh, Harga Emas Hari Ini Terperosok Makin Dalam, Ke Bawah US$ 1.490

pt equityworld emas

PT Equityworld | Harga emas hari ini jatuh semakin dalam gara-gara bursa saham dunia bergairah dengan dukungan optimisme dari perdagangan Amerika Serikat dan China yang memudarkan kekhawatiran akan resesi.

Mengacu Bloomberg pukul 22.50. WIB, harga emas di pasar spot anjlok 1,47% menjadi US$ 1.487,58 per ons troi. Sementara emas berjangka AS merosot 1,54% ke level US$ 1.487,90.

Baca Juga: Investor Berlayar Ke Perairan yang Lebih Berisiko, Harga Emas Hari Ini Tenggelam

“Investor emas meninggalkan tempat berlindung yang aman dan berlayar ke perairan yang lebih berisiko,” kata Analis Quantitative Commodity Research Peter Fertig kepada Reuters.

Bukan hanya penandatanganan kesepakatan dagang AS-China, Fertig mengatakan, sinyal yang jelas dari perbaikan situasi ekonomi bisa menyebabkan harga emas jatuh dan keluar dari kisaran US$ 1.500 per ons troi.

Baca Juga: Harga emas Antam hari ini turun Rp 5.000

Bursa saham dunia menguat dan kembali mencetak rekor tertinggi seiring harapan AS membatalkan beberapa tarif yang telah mereka kenakan atas impor China. Ini menyalakan kembali optimisme pada prospek perekonomian global.

Cina berharap, AS menghapus lebih banyak tarif yang mereka berlakukan pada September lalu sebagai bagian dari perjanjian perdagangan fase satu, yang mungkin Presiden AS Donald Trump dan Presiden Cina Xi Jinping teken pada bulan ini.

Baca Juga: Penjualan emas Aneka Tambang (ANTM) melonjak 28% sampai Oktober

“Jika ekonomi pulih setelah Federal Reserve memperkirakan mungkin tidak ada penurunan suku bunga lebih lanjut tahun depan, itu adalah faktor lain yang membebani emas saat ini,” ujar Fertig.

Pekan lalu, The Fed memangkas suku bunga untuk ketiga kalinya pada tahun ini, tetapi mengisyaratkan tidak akan ada pengurangan lebih lanjut kecuali ekonomi mengambil giliran untuk menjadi lebih buruk.

Baca Juga: Kecemasan resesi mereda, harga emas diramal sentuh US$ 1.400 tahun depan

Setelah data pekan lalu menunjukkan pertumbuhan pekerjaan AS melambat pada Oktober, investor sekarang menunggu laporan non-manufaktur negeri uak Sam yang kemungkinan menunjukkan aktivitas yang sedikit cepat.

Dari sisi teknikal, “Tren utama tetap positif, bahkan jika pasar tampaknya menunggu katalis baru. Dalam jangka pendek, sekarang ada arah yang jelas, dengan harga emas bergerak antara US$ 1.480 dan US$ 1.520,” Carlo Alberto De Casa, Chief Analyst ActivTrades, dalam sebuah catatan. (PT Equityworld)