PT Equityworld | Waspada! 7 Tanda Sepele Ini Gejala Ginjalmu Tidak Bekerja dengan Baik

pt equityworld

PT Equityworld | Seperti yang sudah kamu tahu, ginjal memiliki banyak sekali fungsi dalam tubuh seperti menyaring dan membersihkan darah, membentuk urin, membentuk kadar asam dalam tubuh, mengontrol tekanan darah dan masih banyak lagi.

Makanya, gak kebayang kalau ginjal sampai tidak bekerja seperti seharusnya. Kamu patut waspada, berikut adalah 7 tanda ginjalmu tidak bekerja dengan baik. Jangan sampai kamu mengabaikannya saja kalau kamu merasakan beberapa tanda di bawah ini, ya!

1. Sulit tidur

Kalau ginjal tidak bekerja dengan baik, berarti racun tidak bisa keluar dari tubuh melalui urin dan tetap berada dalam darah. Peningkatan kadar toksin ini bisa membuat penderita mengalami kesulitan tidur dan meningkatkan penurunan fungsi ginjal. Kamu perlu waspada, kalau kamu mengalami sleep apnea atau gangguan tidur serius di mana nafas sering berhenti saat tidur, maka itu tandanya ginjalmu sudah dalam keadaan parah.

2. Pusing, kelelahan dan merasa lemas

Ginjal yang sehat dan berfungsi baik akan mengubah vitamin D tubuh untuk menghasilkan hormon pembentuk tulang yang bernama Erythropoietin. Hormon itu adalah hormon penting untuk pembentukan sela darah merah. Tapi, kalau ginjalmu tidak berfungsi dengan baik maka tidak bisa menghasilkan hormon tersebut dengan maksimal sehingga kamu akan cepat mengalami kelelahan dan sakit kepala.

3. Memiliki kulit kering dan gatal

Karena pekerjaan ginjal adalah membuang limbah atau racun dari darah, membantu menghasilkan sel darah merah dan menjaga jumlah mineral dalam tubuh, jadi kulit yang kering dan gatal bisa jadi salah satu indikasi adanya masalah dengan ginjal sehingga dia tidak bisa menjaga jumlah mineral dalam tubuh lagi.

Kalau kamu merasakan tanda-tanda ini, cara yang lebih efektif adalah membuat dirimu tetap terhidrasi. Temui dokter sebelum kamu mengonsumsi obat apapun karena itu bisa jadi berpengaruh lebih buruk lagi pada ginjalmu.

4. Mengalami bau mulut

Saat racun menumpuk dalam darahmu, dia akan mengubah rasa makanan menjadi rasa logam pada mulut. Bau mulut adalah tanda bahwa aliran darahmu sudah terkontaminasi. Selanjutnya, kamu akan kehilangan nafsu makan dan tidak lagi suka makan daging. Hal ini akan menyebabkan penurunan berat badan yang drastis. Kalau bau logam itu tidak hilang, maka sudah saatnya kamu menghubungi dokter.

5. Kesulitan bernafas

Cairan dalam tubuh akan bergerak ke paru-paru saat ginjal tidak berfungsi dengan baik. Selain itu, anemia bisa menghilangkan oksigen tubuh dan bisa menyebabkan sesak nafas. Jika kamu sudah berusaha mendapatkan nafas yang normal namun merasa masih kesulitan, sudah saatnya kamu menemui dokter karena itu adalah ginjalmu yang bermasalah.

6. Bengkak pada pergelangan kaki dan tangan

Ginjal yang tidak bekerja dengan baik tidak akan bisa mengeluarkan cairan yang benar juga dari dalam tubuh. Hal ini menyebabkan retensi natrium yang membuat terjadinya pembengkakan pada pergelangan tangan dan kaki. Kalau kamu mengalami gejala ini, bukan hanya ginjal yang bisa kamu waspadai tapi juga kemungkinan gagal jantung, kelainan hati atau masalah pembuluh darah.

7. Perubahan pada buang air kecil

Ginjal bertanggung jawab untuk memproduksi air kencing dan mengeluarkan racun melaluinya. Peruabahan frekuensi, bau, warna dan tampilan urin jangan diabaikan. Kalau kamu merasa kamu mengalami perubahan yang signifikan dalam hal itu semua, maka sudah saatnya kamu menemui dokter untuk diperiksa.

Kamu harus peka dengan kesehatan tubuhmu sendiri. Kalau ada sesuatu yang kamu rasa tidak beres, jangan cuek dan menganggap itu bukan masalah. Tidak apa-apa untuk waspada dengan memeriksakannya dulu. Tahu lebih cepat akan membuatmu mendapat penanganan yang cepat juga dan membuatmu bisa lebih cepat sembuh. (PT Equityworld)