PT. Equityworld Futures – Saham Asia menguat, indeks acuan regional menuju gain 2 (dua) hari terbesar lebih dari sebulan, seiring reli di saham energi rally bersama dengan minyak & tumbuhnya optimisme bahwa ekonomi AS cukup kuat meningkatkan suku bunga.

MSCI Asia Pacific Index naik 0,2 (nol koma dua) persen ke level 127,09 pada pukul 16:25 sore waktu Hong Kong, setelah reli global mengirim ekuitas AS pada level tertinggi dalam hampir sebulan. Indeks itu naik 1,5 (satu koma lima) persen pada hari Rabu, yang terbesar sejak tanggal 19 April, seiring rebound saham dari level 7 (tujuh) minggu terendah. MSCI All Country World Index naik untuk hari ke-3 seiring tanda-tanda peningkatan kekuatan pada negara dgn ekonomi terbesar didunia meningkatkan kekhawatiran pada rencana Federal Reserve untuk menaikkan suku bunga pada awal bulan depan.

Komentar hawkish dari pejabat Fed pd pertemuan menit kebijakan pada pekan lalu, bersama dgn meningkatnya angka ekonomi, menimbulkan spekulasi bank sentral mungkin akan meningkatkan suku bunga dengan segera. Peluang untuk kenaikan pada suku bunga Federal Reserve pada bulan Juni naik menjadi 34 (tiga puluh empat) persen dari 4 (empat) persen Senin lalu, dengan para pedagang sekarang mengharapkan peluang yg lebih baik untuk peningkatan pd bulan Juli. Ketua Fed Janet Yellen akan dijadwalkan untuk berbicara di Harvard pada hari Jumat, setelah penutupan pasar Asia dan Eropa. (sdm)

Sumber: Bloomberg