PT. Equityworld Futures – Saham China berakhir sedikit lebih rendah pada Jumat, ditutup minggu dengan penurunan ke-6 untuk Shanghai Composite Index, seiring data laba industri bertambah kekhawatiran bahwa kenaikan ini di perekonomian gagal mengangkat ekonomi nasional.

Shanghai Composite Index secara fraksional berada lebih rendah pada level 2,821.05 poin, & tergelincir 0,2 (nol koma dua) persen untuk minggu ini.

Indeks kini telah kehilangan lebih dari 8 (delapan) persen sejak pertengahan bulan April.

Indeks CSI300 blue-chip turun 0,1 (nol koma satu) persen, ke level 3,062.50, turun 0,5 (nol koma lima) persen untuk minggu ini.

Masih banyak investor menonton pasar, khawatir akan kesehatan ekonomi China & dampak pada kenaikan suku bunga AS yang mungkin akan dilakukan bulan depan. Volume perdagangan di Shanghai mengecil mendekati posisi 5 (lima) bulan terendah.

Pertumbuhan laba di perusahaan industri China melambat pada bulan April, sejalan dengan data yang lain untuk bulan tersebut yang memberikan kesan bahwa ekonomi mungkin akan segera kehilangan tenaga setelah naik pada awal tahun.

Kinerja per sektor bervariasi, pada saham IT & telekomunikasi meningkat dengan saham energi & kesehatan menurun. (sdm)

Sumber: reuters